Sejumlah Investor Tandatangani MoU Kawasan Industri Kelautan dan Perikanan

id sejumlah,investor,tandatangani,mou,kawasan,industri,kelautan,perikanan

Batam (Antara Kepri) - Sejumlah investor telah melakukan penandatanganan notakesepahaman (MoU) untuk Proyek Pembangunan Kawasan Industri Kelautan dan Perikanan Berbasis Inti Plasma di Tanjunguncang, Batam, Senin lalu.

"Proyek yang berlokasi di Tanjung Aru Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur ini akan kita mulai awal tahun 2018 mendatang dengan menggandeng kerjasama antara PT Teknika Solusi Dinamika dan partners," kata Direktur PT Bahtera Pasir Multi Infrastruktur, Sofyan Basuki Rachmad melalui siaran persnya, Kamis.

Sofyan mengatakan, proyek Pembangunan Kawasan Industri Kelautan dan Perikanan Berbasis Inti Plasma yang menggunakan pola kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) ini melibatkan sejumlah investor dengan nilai investasi mencapai 50 trilliun rupiah.

"Proyek yang sifatnya investasi kepada pemerintah daerah ini tidak menggunakan APBN maupun APBD, tetapi didukung oleh National Standard Finance (NSF) yang merupakan lembaga keuangan international. Nantinya proyek tersebut akan mendapatkan penjaminan dari negara, dalam hal ini adalah PT. PII / Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)," katanya.

Setelah tiga puluh tahun, lanjut Sofyan, maka pelabuhan itu akan menjadi aset pemerintah daerah.

Selain itu, Direktur PT Teknika Solusi Dinamika, Chandra Kurniawan mengatakan setelah adanya penandatanganan MoU, pihaknya akan segera melakukan survey dan studi kelayakan ke lokasi proyek.

"PT Teknika Solusi Dinamika beserta partners dalam proyek ini yang bertindak sebagai Perancang, Pembangun, Mengoperasikan dan Pemeliharaan (Design –Build – Operation and Maintenance Power Generation Barge) dan juga terlibat dalam Penyediaan Kapal Ikan, Water Treatment dan Water Supply untuk kawasan tersebut," jelasnya.

Dia menambahkan, proyek yang akan dimulai awal tahun 2018 dan rencananya akan memakan waktu paling cepat tiga tahun.

Chandra mengharapkan dengan adanya Pembangunan Kawasan Industri Kelautan dan Perikanan Berbasis Inti Plasma itu dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE