Panitia Pemilih: Pemilihan Cawagub Kepri Akhir November

id panitia,pemilih,pemilihan,cawagub,kepri,akhir,november

Cawagub Kepri akan dipilih seluruh anggota DPRD Kepri
Tanjungpinang (Antara) - Panitia Pemilih menegaskan pemilihan Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau diselenggarakan pada akhir November 2017 setelah seluruh tahapan dilalui.

"Tahapan terus berjalan. Saya jamin pemilihan Wagub Kepri ini akan dilaksanakan," kata Ketua Panitia Pemilih Wagub Kepri Hotman Hutapea, di Tanjungpinang, Senin.
         
Ia mengatakan kunci pelaksanaan pemilihan Wagub Kepri ada di tangan panitia pemilih. Seharusnya, jadwal pemilihan Wagub Kepri diselenggarakan pertengahan November 2017, namun diundur karena kendala teknis pada saat pelaksanaan tahapan penyerahan syarat administrasi pencalonan.
         
"Cawagub Kepri akan dipilih seluruh anggota DPRD Kepri," ujarnya yang juga fungsionaris Partai Demokrat.
        
Hotman mengemukakan banyak pihak meragukan proses pemilihan Wagub Kepri berlangsung lama karena perbedaan kepentingan pengurus partai pengusung. Bahkan beredar isu pula, Gubernur Kepri Nurdin Basirun tidak serius mengurusi permasalahan itu, karena tidak menginginkan wagub hingga akhir masa jabatannya.
         
Terkait isu itu, Hotman tidak ingin mengomentarinya. Namun ia menegaskan apapun yang terjadi, proses pemilihan tetap dilaksanakan.
         
"Kerja panitia pemilih ini terukur, sesuai mekanisme yang telah ditetapkan sehingga pemilihan wagub tetap dilaksanakan," ucapnya.
         
Hotman yang juga Ketua Komisi II DPRD Kepri menegaskan Gubernur Kepri memiliki waktu yang sangat terbatas untuk mengusulkan nama cawagub berdasarkan rekomendasi partai pengusung. Gubernur diberi waktu 14 hari kerja untuk mengusulkan satu nama cawagub pengganti Agus Wibowo yang baru-baru ini digugurkan karena tidak memenuhi persyaratan.
         
"Besok genap tujuh hari masa kerja tahap pertama pengusulan satu nama cawagub. Kami akan memberi waktu tujuh hari lagi untuk mengusulkan nama tersebut," ucapnya.
         
Hotman mengatakan Gubernur Nurdin yang juga Ketua Partai Nasdem Kepri sampai sekarang belum duduk bersama pengurus partai pengusung membahas permasalahan cawagub yang akan menggantikan Agus Wibowo.
        
Partai pengusung HM Sani (almarhum)-Nurdin Basirun pada Pilkada Kepri tahun 2015 yakni Partai Demokrat, PKB, Partai Gerindra, PKB dan Nasdem.
        
"Gubernur ada niat untuk duduk bersama pengurus partai pengusung. Mungkin dalam waktu dekat dilaksanakan," tegasnya.
        
Saat ini baru Isdianto yang memenuhi persyaratan sebagai cawagub. Sementara satu nama lainnya yang akan dipilih yakni Rini Fitrianti yang diusulkan Nasdem, serta Mustafa Widjaya dan Fauzi Bahar yang diusulkan Gerindra dan PPP.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE