BP3D Natuna Susun Kajian Pengembangan Wilayah Natuna - Anambas

id Natuna, pengembangan wilayah natuna

Natuna ( Antara Kepri ) -Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah ( BP3D ) Kabupaten Natuna menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) bersama Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas di Gedung Serindit, Ranai, Natuna, Selasa (31/10).

Penyusunan Kajian Pengembangan Wilayah Kabuapaten Natuna dan Anambas penting dilakukan karena merupakan daerah yang memiliki potensi Suber Daya Alam berlimpah.

Untuk itu menurut Bupati Natuna, Hamid Rizal perlu adanya penyusunan rencana pembangunan dan pengelolaan secara khusus untuk dua Kabupaten tersebut.

" Wilayah kita rawan diperebutkan oleh Negara lain, sebab Natuna dan Anambas mempunyai Sumber Daya Alam yang cukup besar, " Kata Hamid Rizal saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara diskusi tersebut.

Tidak hanya itu, menurutnya Sumber Daya Alam yang dimiliki dua Kabupaten tersebut bahkan dapat membiayai Negara lain, karena selama ini sumber daya laut Natuna dan Anambas selalu menjadi sasaran bagi para pencuri ikan oleh nelayan asing.

" Potensi yang ada bahkan bisa membiayai sebuah Negara lain. Karena Natuna ini sangat rawan, di kawasan ZEE sana banyak nelayan asing berkeliaran, bahkan mereka dikawal langsung oleh Coast Guard nya, apa tidak berbahaya Natuna ini?. Untuk itu kita harus kembangkan lagi, tingkatkan statusnya menjadi Provinsi, " ungkas Hamid Rizal.

Ia menambahakan sudah selayaknya Natuna dan Anambas menjadi perhatian serius oleh pemerintah karena jarak Kabupaten dengan Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang, cukup jauh.

" Natuna dan Anamabs harus dikembangkan lagi, karna jarak kita menuju Ibu Kota Provinsi itu sangat jauh, " kata Hamid.

Hamid berharap, Natuna dan Anambas akan lebih bersinergi dalam membangunan daerah demi tercapainya masyarakat yang sejahtera.

Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut hadir prof. dr. Sadu Wasistiono MSi, dr. Dedeh Maryani, Mm, dr. Wangsih M.Pd, dan Sultan Rahmadin (IPDN Bandung).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Sekda Natuna, Wan Siswandi, Wakil Ketua DPRD Natuna, yaitu Hadi Candra dan Daeng Amhar, beberapa Anggota DPRD Kepualaun Anambas, Kepala BAPEDA Kepulauan Anambas, FKPD, OPD Natuna dan para Camat.

Dalam diskusi tersebut terungkap bahwa Natuna dan Anambas perlu dibuatkan rencana pembangunan dan kebijakan pembangunan secara khusus oleh pemerintah pusat. ( Antara )





Editor : Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE