Lanal Dabo Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

id Lanal Dabo Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

Lanal Dabo Sosialisasi Keselamatan Pelayaran

Ilustrasi: Komandan Lantamal IV/Tanjungpinang Laksamana Pertama Ribut Eko Suyatno menyerahkan bantuan jaket pelampung kepada ABK kapal rute Tanjungpinang-Batam di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Senin (6/11). (Foto: Dispen Lantamal IV Tanjun

Jika cuaca buruk terjadi nelayan tidak diperbolehkan turun ke laut, karena hal ini penting untuk keselamatan para nelayan
Lingga (Antara Kepri) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dabo menggelar kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran kepada nelayan di Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Selasa.

"Kegiatan ini digelar serentak, dalam rangka mendukung program keselamatan pelayaran di wilayah kerja Komando Armada RI kawasan barat," Ujar Komandan Lanal Dabosingkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr.Hanla.

Kegiatan yang dibuka oleh Danlanal Dabosingkep tersebut, dimulai dengan pemasangan alat keselamatan berlayar berupa sweemvest. Pemasangan alat keselamatan tersebut, dimaksudkan agar para nelayan tidak menganggap enteng laut.

Ia mengatakan, jika cuaca buruk terjadi nelayan tidak diperbolehkan turun ke laut, karena hal ini penting untuk keselamatan para nelayan. Perkiraan cuaca ditiap akhir tahun selalu tidak menentu, untuk itu diharapkan kepada para pengguna jasa angkutan mempersiapkan fasiltas pendukung.

"Sweemvest, tali-tali pengikat, tabung pemadam dan alat komunikasi yang dipakai harus baik dan layak," kata Danlanal.

Danlanal Dabosingkep juga berpesan agar permasalahan keselamatan jangan sampai menjadi momok yang menakutkan, sehingga nelayan takut untuk melakukan aktifitas di laut.

"Kita ini keturunan pelaut yang tangguh sejak zaman nenek moyang kita dulu," jelasnya.

Kegiatan tersebut juga difasilitasi oleh Camat Selayar Abang Syafril. Kepada Lanal Dabosingkep dirinya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan sosialisasi keselamatan bagi para nelayan dan ABK kapal di Kecamatan Selayar.

"Sosilisasi ini sangat baik, karena masyarakat Selayar ini hampir 90 persen adalah pelaut," ucap Abang Syafril. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE