Pemprov Kepri Optimistis Investasi Batam Kembali Berkembang

id Pemprov,Kepri,Optimistis,Investasi,Batam,Kembali,Berkembang

Kami berharap perekonomian di Batam dapat meningkat tajam setelah hubungan Pemkot Batam dan BP Batam semakin harmonis
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau optimistis investasi di Batam akan kembali berkembang setelah permasalahan tumpang tindih kewenangan dapat diselesaikan.

"Dunia usaha di Batam mulai tumbuh kembali sejak Badan Pengusahaan Batam dipimpin Pak Lukita," kata  Sekretaris Daerah Kepri Tengku Said Arif Fadillah di Kantor DPRD Kepri, Kamis.

Ia mengemukakan keamanan dan kenyamanan investasi merupakan syarat mutlak dalam menarik investor, selain birokrasi dan perizinan usaha yang dipermudah.

"Kami akan menerapkan sistem perizinan yang lebih sederhana dan cepat untuk menarik investasi," ujarnya.

Arif menjelaskan Batam merupakan barometer pertumbuhan ekonomi Kepri. Kontribusi Batam terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri mencapai 71 persen.

"Kami berharap perekonomian di Batam dapat meningkat tajam setelah hubungan Pemkot Batam dan BP Batam semakin harmonis," ucapnya.

Ia mengatakan persaingan merebut perhatian investor sangat ketat. Berbagai negara menawarkan berbagai kemudahan bagi investor untuk menanamkan modal, seperti Vietnam dan Malaysia.

Di Vietnam diterapkan sistem investasi dengan kemudahan perizinan. Bahkan izin dapat diperoleh secara gratis oleh investor.

Kawasan investasi Iskandarsyah di Malaysia juga menerapkan kemudahan berinvestasi.

"Dua negara itu pesaing Batam. Namun Batam tetap menarik investor karena infrastruktur yang memadai dan bertetangga dengan Singapura dan Malaysia," ucapnya.

Untuk mengatasi pertumbuhan ekonomi di Kepri yang masih melemah, Arif mengatakan Pemprov Kepri menggelar diskusi dengan BI dan BPS secara rutin setiap bulan.

"Pada triwulan III 2017 perekokomian Kepri tumbuh 1,82 persen, meningkat dibanding triwulan sebelumnya. Kami optimistis terus meningkat seiring dengan perkembangan investasi di Batam," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan kepala daerah kabupaten dan kota juga semakin meningkatkan sinergi untuk mengembangkan perekonomian di daerah.

"Pertemuan semakin rutin dilakukan. Ini akan mempermudah meningkatkan perekonomian di kabupaten dan kota," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar