BMKG Tak Capai Target PNBP

id BMKG Tak Capai Target PNBP

BMKG Tak Capai Target PNBP

Kasi Datin BMKG Hang Nadim Batam Suratman (antarakepri.com/messa haris)

Batam, (Antara Kepri) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) stasiun Hang Nadim Batam tidak dapat mencapai target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pada 2017 karena banyak perusahaan swasta dapat mengakses informasi secara gratis dari website BMKG.

"Target kita Rp40 juta tahun ini tapi tidak tercapai karena ada data secara online dan gratis, sekarang kita baru mencapai Rp20-an juta," kata Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasi Datin), Suratman, Kamis. 

Ia menjelaskan ada beberapa jenis PNBP berdasarkan PP Nomor 4 Tahun 2012 diantaranya informasi cuaca untuk pelayaran, pengeboran, keperluan klaim asuransi, untuk kegiatan olah raga, untuk survei dan pembuatan film. 

Suratman mengatakan tarif yang dikenakan berbeda-beda sesuai dengan keperluan dan permintaan konsumen. Harga biasanya dikenakan per lokasi per lokasi. 

"Dari semua itu yang paling mahal informasi cuaca untuk  keperluan pengeboran, nilai Rp330 ribu per lokasi per hari," katanya. 

Ia juga mengatakan pada tahun ini hanya satu perusahaan saja yang meminta data untuk asuransi yaitu salah satu hotel di kawasan Nagoya. "Kemarin ada pemancar mereka yang tersambar petir, setelah kita cek ternyata benar ada dan itu dijadikan sebagai bukti untuk mereka melakukan klaim asuransi," kata Suratman. 

Suratman mengatakan pihak perusahaan yang akan mengklaim asuransi karena tersambar petir tidak bisa hanya mengambil informasi dari website, namun harus mendapatkan surat resmi dari BMKG. "Mereka perlu cap dan tanda tangan basah dari kita," ujarnya 

Suratman membenarkan jika pada bulan ini kerap terjadi hujan disertai angin kencang dan petir. "Sampai sekarang baru satu itu saja yang meminta kita untuk klaim asuransi," katanya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE