KPU Luncurkan Maskot Pilkada Tanjungpinang 2018

id KPU,Luncurkan,Maskot,Pilkada,Tanjungpinang,2018,daun,sirih

KPU Luncurkan Maskot Pilkada Tanjungpinang 2018

KPU Provinsi Kepri saat memberikan sambutan dalam gelaran Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kota Tanjungpinang 2018 oleh KPU Tanjungpinang, di Hotel CK Tanjungpinang, Rabu. (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Maskot Si Sirih yang diluncurkan ini dapat memberi pengetahuan dan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pilkada mendatang
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang meluncurkan maskot Si Sirih sebagai maskot pemilihan kepala daerah (Pilkada) setempat, di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Rabu.

Peluncuran maskot Si Sirih, Website, dan Jingle pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018 mendatang, diresmikan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, ditandai dengan pemukulan gong.

Lis Darmansyah mengapresisi KPU Kota Tanjungpinang yang telah meluncurkan maskot daun Sirih untuk pilkada mendatang.

"Maskot Si Sirih yang diluncurkan ini dapat memberi pengetahuan dan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pilkada mendatang,” katanya.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan pilkda mendatang yang terpenting bagaimana bersama-sama melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya sebuah pemilihan pemimpin yang akan menentukan sebuah proses, dan bersama berupaya meningkatkan angka partisipasi pemilih.

"Partisipasi pemilih dalam pemilu di Kota Tanjungpinang masih terbilang rendah, seperti contoh pemilihan gubernur dan wakil gubernur lalu, angka partisipasi belum cukup baik. Mudah-mudahan tahun ini tingkat partisipasi Kota Tanjungpinang bisa mencapai 77 persen,” ujarnya.

Untuk meningkatkan pertisipasi pemilih, lanjutnya kepada lurah, partai politik, penyelenggara pemilu, RT dan RW, elit politik, serta pemerintah daerah untuk bersama-sama menyosialisasikan aturan pilkada serta mengajak masyarakat untuk datang memilih ke tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam pelaksanaan Pilkada mendatang, Wali Kota mengharapkan akan semakin baik, jauh dari konflik dan isu-isu sara.

“Karena semakin banyak konflik yang terjadi, maka semakin banyak ketidakpercayaan publik untuk tidak memilih, tetapi jika kondisi pelaksanaan pilkada berjalan dengan kondusif, adem dan tenang, maka saya yakin kepercayaan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya akan semakin baik," ujarnya.

Dirinya berpendapat, bahwa pelaksanaan Pilkada di Kota Tanjungpinang 2018 mendatang adalah pilkada yang cukup seksi, karena satu satunya Kota di Provinsi Kepri yang melaksanakan pilkada.

Suksesnya suatu Pilkada, lanjutnya menjadi tugas bersama seluruh elemen masyarakat maupun penyelenggara, baik itu, tingkat partisipasinya, kenyamanannya, dan rasa aman.

"Mari bersama-sama ikhtiarkan pelaksanaan Pilkada yang penuh dengan kebersamaan, kekeluargaan, pilkada yang dapat menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Tanjungpinang. Mari sukseskan Pilkada Kota Tanjungpinang ", ajaknya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria menyatakan bahwa peluncuran maskot Si Sirih, sebagai awal tahapan Pilkada Kota Tanjungpinang.

Dengan adanya simbol daun sirih yang ditetapkan maka akan mudah mengingatkan momen pilkada 2018 mendatang.

"Kita tetapkan daun sirih sebagai maskot Pilkada Kota Tanjungpinang 2018. Sirih melambangkan kesederhanaan, sopan santun masyarakat Melayu. Si Sirih merupakan simbol kerukunan dan kedamaian, dan ini menandakan bahwa pelaksanaan pilkada di Kota Tanjungpinang akan berlangsung damai, demokratis, jujur, adil, anti fitnah dan anti kebencian. Pilkada yang halal, pilkada yang mengikhlaskan menang dan kalah,” katanya.

Robby mengatakan, saat ini KPU tengah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait pelaksanaan pilkada pada Juni 2018 mendatang.

Ia mengharapkan kepada peserta pilkada, pemerintah daerah, partai politik, pasangan calon (paslon), masyarakat dan tim sukses masing-masing kandidat untuk menyosialisasikan pelaksanaan pilkada dan mengajak masyarakat dan konstituennya untuk menggunakan hak pilihnya.

“Terutama sekali tentunya, mari kita kawal pelaksanaan Pilkada  ini agar berlangsung lancar dengan damai, demokratis, jujur dan adil pastinya,” ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE