Jelang Akhir Tahun Persediaan Sembako Karimun Mencukupi

id Jelang,Akhir,Tahun,Persediaan,Sembako,Karimun,Mencukupi

Jelang Akhir Tahun Persediaan Sembako Karimun Mencukupi

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli. (antarakepri.com/Rusdianto)

Kami minta agar instansi terkait, seperti Bulog dan Dinas Perdagangan Provinsi Kepri dapat terus menyuplai kebutuhan pokok untuk Karimun
Karimun (Antara Kepri) - Persediaan sembako seperti beras, telur, tepung, dan gula pasir di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat hingga akhir 2017.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun Muhammad Yosli yang dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Selasa, mengatakan stok sembako khususnya beras cukup aman mampu untuk memenuhi kebutuhan beberapa bulan ke depan.

"Untuk beras aman, cukup untuk 5 bulan ke depan," kata Yosli.

Dia mengatakan telah berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan Kepri dan Bulog setempat untuk memastikan ketersediaan sembilan bahan pokok atau sembako tersebut.

"Kami minta agar instansi terkait, seperti Bulog dan Dinas Perdagangan Provinsi Kepri dapat terus menyuplai kebutuhan pokok untuk Karimun," ujarnya pula.

Khusus beras, kata dia, stoknya memang sudah menipis, namun pihak provinsi menyatakan segera mengirimkan stok yang baru.

Dia meminta kepada warga masyarakat untuk tidak khawatir dengan kelangkaan sembako.

Selain ketahanan pangan, kata Yosli, harga beberapa komoditas juga relatif stabil dan tidak ada yang mengalami langka menjelang akhir tahun.

Saat ini, katanya lagi, stok beras di gudang Bulog daerah ini mencapai 1.000 ton, yaitu beras komersial, beras medium, dan premium.

Pihaknya selalu melakukan monitoring harga sembako dan ketahanan pangan ke pasar-pasar tradisional, baik di daerah ibu kota maupun di daerah-daerah lainnya, di wilayah Kabupaten Karimun.

Kepala Sub Divre Bulog Batam Jamaludin mengatakan untuk mengantisipasi kenaikan harga beras di akhir tahun, dalam waktu dekat pihaknya akan lebih mengintensifkan pendistribusian beras sejahtera atau rastra kepada KPM (keluarga penerima manfaat).

"Selain itu Bulog juga mengoptimalkan penjualan beras medium komersial melalui RPK (Rumah Pangan Kita) di Karimun," katanya lagi.

Phaknya menyatakan kesediaan untuk melakukan operasi pasar dan pasar murah apabila dianggap perlu oleh pemerintah daerah.

Saat ini, harga beras premium merek Bumi Ayu dibandrol Rp13.000/kg, beras medium merek Red Wmd dibandrol Rp10.000/kg, gula pasir Rp12.000/kg, minyak goreng curah Rp12.000/kg, tepung terigu Rp8.000/kg, telur ayam Rp1.500/butir, daging sapi beku Rp30.000/kg, dan daging sapi segar Rp140.000/kg. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE