Jumaga: Pelantikan Isdianto Menunggu Kemendagri

id Jumaga: Pelantikan Isdianto Menunggu Kemendagri

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (antarakepri.com/Niko)

Kursi wagub Kepri kosong sejak 25 Mei 2016
Batam  (Antara Kepri) - Isdianto yang terpilih menjadi pendamping Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun tinggal menunggu waktu untuk dilantik menjadi wakil gubernur (wagub)  oleh Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo.

"Bahasa politiknya menyetujui satu (yang akan diangkat menjadi wakil gubernur), untuk pelantikannya menunggu dari Mendagri," kata Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak, di Batam, Selasa. 

Jumaga mengatakan berdasarkan undang-undang wajib disampaikan dua bakal calon wakil gubernur ke pemerintah pusat. 

Namun lanjutnya karena satu calon dianggap tidak memenuhi kriteria panitia pemilih memutuskan hanya satu calon saja yang disetujui. 

"Kamis pemilihannya doakan semoga lancar," ujarnya. 

Menurutnya masyarakat Provinsi Kepri membutuhkan sosok wakil gubernur untuk membantu gubernur. 

Jumaga menegaskan tidak ada rivalitas dalam penentuan wagub. Kursi wagub Kepri kosong sejak 25 Mei 2016 lalu dan Nurdin Basirun yang kala itu menang bersama Muhammad Sani dalam Pilkada
Namun belum setahun menjabat sebagai gubernur H Muhammad Sani meninggal dunia.

Nurdin lantas diangkat menjadi gubernur kepri. DPRD Provinsi Kepri menilai peranan wagub dalam pemerintahan sangat penting karena banyak persoalan pemerintah akan lebih mudah jika Nurdin memiliki pendamping.

Isdianto merupakan satu dari dua kandidat yang diusung lima partai pengusung HM Sani (almarhum)-Nurdin Basirun pada Pilkada Kepri 2015. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar