Enam Desa di Lingga belum Cairkan Dana Desa

id Desa,Lingga,belum,Cair,Dana,Desa

Tidak saja lewat surat, tapi saya juga sudah menelepon langsung kepala desanya untuk mengetahui kendala di lapangan
Lingga (Antara Kepri) - Sebanyak enam dari 75 desa di Kabupaten Lingga belum mencairkan Dana Desa tahap dua menjelang tutup buku.

"Antara lain, Desa Rejai, Resang, Berhala, Pantai Harapan, Limbung dan Desa Baran," kata Said Asyari Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Lingga kepada Antara, Jumat.

Belum cairnya anggaran enam desa tersebut disebabkan belum memasukkan beberapa persyaratan administrasi ke DPMDes, karena syarat pencairan Dana Desa adalah melengkapi SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) serta administrasi pendukung lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut dirinya mengatakan sudah menyurati ke enam desa tersebut agar segera menyerahkan laporan tahap akhir untuk pencairan Dana Desa. Bahkan surat tersebut sudah dua kali disampaikan kepada keenam desa tersebut agar segera menyerahkan syarat administrasi untuk pencairan Dana Desa.

"Tidak saja lewat surat, tapi saya juga sudah menelepon langsung kepala desanya untuk mengetahui kendala di lapangan," ujarnya.

Dari hasil konfirmasi yang dilakukan DPMDes pada enam desa tersebut, dirinya mendapati bahwa pihak desa mengatakan akan segera menyerahkan persyaratan administrasinya pada Senin pekan depan mendatang. 

Atas kelalain pihak desa ini Ari sangat menyayangkan keterlambatan pencairan Dana Desa ini, padahal menurutnya DPDes sudah sering mengingatkan kepada desa agar selalu berkoordinasi dengan pendamping desa jika ditemukan kendala di lapangan. 

Melihat kondisi ini pihaknya kuatir desa-desa yang terlambat melakukan pencairan akan terdapat sisa lebih penggunaan anggaran atau silpa APBDes nya, jika silpa tersebut mencapai 30 persen maka di tahun berikutnya Dana Desa di desa tersebut akan dipangkas sebesar 30 persen juga.

"Kedepan kita berharap pihak desa ini, selalu berkomunikasi dengan kita dan pendamping supaya tidak ada lagi keterlambatan pencairan, karena dampaknya adalah pembangunan di desa tersebut akan terhambat," terangnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE