Panwaslu Lingga Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu

id Panwaslu,Lingga,Rapat,Persiapan,Pemilu

Panwaslu Lingga rakor bersama para pemangku kepentingan, Senin (11/12). (antarakepri.com/Nurjali)

Kedepan koordinasi yang kita harapkan lebih baik lagi, baik itu Panwaslu KPU serta kepolisian dan kejaksaan dalam penanganan tindak pidana pemilu ini
Lingga (Antara Kepri) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lingga mengadakan rapat koordinasi yang dihadiri 32 peserta rapat dari berbagai para pemangku kepentingan untuk membahas persiapan Pemilu 2019, Senin.

"Rapat ini merupakan langkah awal Panwaslu dalam melakukan koordinasi antar stakholder menjelang pemilu serentak 2019," kata Zamroni ketua Panwaslu Kabupaten Lingga kepada Antara, di sela rapat yang digelar di salah satu hotel di Dabosingkep, Senin.

Kegiatan tersebut menghadirkan Kepala Kepolisian Resor Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi dan Kepala Kejaksaan Negeri Lingga Puji Triasmoro sebagai narasumber.

Kepala Kejaksaan Negeri Lingga Puji Triasmoro mengatakan sejauh ini mengacu pada pemilu sebelumnya kejaksaan dan kepolisian selalu dilibatkan dalam tim yang dibentuk oleh Bawaslu dan KPU yang dinamakan sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Salah satu kendala yang terjadi dalam penanganan perkara pelanggaran pemilu adalah dibutuhkan kerjasama tim dan anggaran yang memadai, hal ini sering menjadi permasalahan di lapangan.

Anggaran penyidikan pada kasus-kasus pelanggaran pemilu ini harus dianggarkan di Bawaslu, karna beberapa pengalaman yang sudah-sudah anggaran penyidikan pada kasus-kasus tertentu ini selalu disamakan dengan penanganan penyidikan kasus tindak pidana umum atau lainnya.

"Kedepan koordinasi yang kita harapkan lebih baik lagi, baik itu Panwaslu, KPU serta kepolisian dan kejaksaan dalam penanganan tindak pidana pemilu ini," kata Kajari Lingga Puji Triasmoro.

Sementara itu Kapolres Lingga AKPB Ucok Lasdin Silalahi meminta kepada Panwaslu Kabupaten Lingga agar terus menjalin komunikasi dengan jajaran polres lingga khususnya untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan langsung dengan pemilih, hal ini demi menghindari kejadian-kejadian yang dapat merugikan peserta pemilu maupun penyelenggaran pemilu.

Kerjasama tersebut diharapkan tidak saja terjalin antara pejabat dijajaran pimpinan Polres Lingga dan Komisioner Panwaslu, namun diharapkan juga sampai ketingkat pengawasan di Desa. Salah satunya adalah antara Babinkamtibnas Polres Lingga dan pengawas pemilu ditingkat Desa dan Kecamatan harus aktif menjalin kerjasama.

Polres Lingga juga meyinggung soal pemilih pemula untuk menjadikan Pemilu yang cerdas dan berintegritas, maka kegiatan sosialisasi untuk pemilih pemula ini sangat perlu untuk gencar dilaksanakan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar