Puluhan Siswa Lingga Ikuti Sosialisasi Pemilih Partisipatif

id Sosialisasi, pemilu, paneaslu, lingga, pemilih, pemula

Panwaslu Lingga sosialisasi pemilih partisipatif Pemilu kepada para siswa. (antarakepri.com/Nurjali)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula tentang fungsi dari Panwaslu dan Pemilu 2019
Lingga (Antara Kepri) - Puluhan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat mengikuti sosialisasi pemilih partisipatif di dua tempat di Daik dan Dabosingkep, yang diselenggarakan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lingga di salah satu hotel, Jumat.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula tentang fungsi dari Panwaslu dan Pemilu 2019," kata Jaswir Komisioner Panwaslu Kabupaten Lingga kepada Antara.

Sosialisasi pengawasan pemilu ini dimulai dengan pengenalan tentang lembaga pengawas pemilu, mulai dari struktur hingga tugas dan fungsi dari pengawas pemilu. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka tahapan Pemilu 2019 yang sudah dimulai sejak Oktober yang lalu.

Panwaslu Lingga juga memperkenalkan anggota Panitia Pengawas Kecamatannya kepada seluruh siswa yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa sekolah sudah mulai mengenal Pemilu sejak dini, mengingat para peserrta nantinya akan menjadi pemilih pemula pada 2019 mendatang.

Ditambahkan Jaswir melalui Sosialisasi Pemilih partisipatif ini diharapkan siswa–siswi SMA sederajat se-Kabupaten Lingga mampu menorehkan ilmunya ke dunia politik serta dapat menjelaskan ke orang tuanya dan orang lain tentang pemilu di Indonesia khususnya di Kabupaten Lingga.

Narasumber pada kegiatan ini diisi oleh Komisioner dari Panwaslu Kabupaten Lingga yang berlangsung sebanyak dua sesi, mulai dari pengenalan lembaga pengawas pemilu dan pelanggaran-pelanggaran serta etika dalam pelaksanaan demokrasi ditingkat daerah.

"Pemilu mendatang akan sedikit berbeda dengan pemilu sebelumnya, karena pemilihan Presiden akan dilakukan serentak dengan pemilihan legislatif dan DPD RI," kata Ardi Aulia, komisioner lainnya.

Sosialisasi ini tidak saja dilaksanakan untuk anak-anak sekolah, namun akan ada juga sosialisasi kepada pengurus Pramuka, RT/RW dan lembaga serta ormas lainnya termasuk partai politik kedepannya.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar