Padi Petani Aok Lingga digiling di Sungai Besar

id Padi Petani Aok Lingga,Sungai Besar

Padi Petani Aok Lingga digiling di Sungai Besar

Bhabinkamtibnas bersama anggota Polres Lingga foto bersama di penggilingan padi Sungai besar. (Antaranews Kepri/Nurjali)

Penggilingan padi langsung dipimpin oleh Bhabinkamtibnas Desa Sungai Besar tadi pagi
Lingga (Antaranews Kepri) - Kelompok tani Aok Lingga Polres Lingga melakukan penggilingan padi di Desa Sungai Besar dari hasil panen di sawah Desa Resang yang dipanen langsung oleh Kapolres Lingga November 2017 yang lalu.

"Penggilingan padi langsung dipimpin oleh Bhabinkamtibnas Desa Sungai Besar tadi pagi," kata Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi kepada Antara, Kamis.

Kegiatan yang disaksikan Kepala Desa Sungai Besar Nazarudin tersebut digelar secara resmi, sebelum padi digiling ke penggilingan, padi hasil panen petani Lingga tersebut dilakukan proses penghempasan batang padi sampai menjadi gabah, kemudian dijemur gandumnya dan setelah itu baru dibawa ke pabrik penggilingan. 

Bhabinkamtibnas Bripda Hendri Sianturi mengatakan penggilingan padi tersebut dilakukan sebanyak dua kali untuk menghasilkan padi yang berkualitas, kemudian padi yang sudah menjadi beras tersebut dikirimkan ke Dinas Pertanian Kabupaten Lingga untuk dilakukan uji laboratorium.

Setelah dilakukan uji laboratorium di Dinas Pertanian Kabupaten Lingga didapatkan hasil dari uji labor tersebut, beras yang ditanam oleh kelompok tani Aok Lingga layak untuk konsumsi dan menghasilkan kualitas yang baik.

"Uji labor tadi dilakukan langsung oleh Kasi dari Dinas Pertanian Sufahmi, dan hasilnya cukup baik dan layak dikonsumsi," ujarnya.

Padi yang dilakukan penggilingan dari hasil pertanian kelompok Tani Aok Lingga tersebut berjumlah 759 kilogram, dan setelah dilakukan penggilingan dihasilkan beras sebanyak 474 kilogram. 

Sementara itu dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lingga Rusli mengatakan sangat mengapresiasi Inovasi yang dilakukan oleh Polres Lingga yang sudah mendukung program pertanian yang selama ini terus digenjot oleh Bupati Lingga Alias Wello untuk menjadikan Kabupaten Lingga sebagai lumbung padi di daerah perbatasan.

"Kita apresiasi apa yang dilakukan oleh jajaran Polres Lingga, ini suatu contoh yang kita harapkan menjadi motivasi untuk Pegawai dan masyarakat Kabupaten Lingga untuk bertani," sebutnya.

Dukungan tersebut juga disampaikan oleh Bupati Lingga Alias Wello dalam beberapa kesempatan atas apa yang telah dilakukan oleh Polres Lingga menjadi energi baru bagi dirinya untuk mewujudkan cita-cita menjadikan daerah Kepulauan Riau sebagai lumbung padi di daerah perbatasan. (baca juga: Sungai Besar tanam padi perdana)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE