32.493 KK di Batam akan terima BPNT

id Banuan pangan nontunai,BPNT Batam

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah. (Antaranews Kepri/Danna Tampi) (/)

Penyalurannya melalui Rumah Pangan Kita, e-warung. Tempat mereka itu kecil, kalau dua bulan bisa menumpuk. Makanya kami minta tiap bulan

Batam (Antaranews Kepri) - Sebanyak 32.493 kepala keluarga di Kota Batam, Kepulauan Riau, akan menerima Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) 2018 dari Kementerian Sosial.

Sekitar 28 ribu KK direncanakan menerima pada Januari dan Februari ini, kata Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Hasyimah di Batam, Kamis.

Sedangkan sekitar 3.000 keluarga penerima manfaat dari dua kelurahan belum bisa menerima BPNT karena kesalahan teknis. Pemerintah berkomitmen untuk menyalurkannya mulai April 2018.

BPNT disalurkan pemerintah pusat setiap dua bulan sekali. Meski begitu, Pemkot berharap penyalurannya bisa setiap bulan.

"Penyalurannya melalui Rumah Pangan Kita, e-warung. Tempat mereka itu kecil, kalau dua bulan bisa menumpuk. Makanya kami minta tiap bulan," ujarnya.

Setiap bulan, masing-masing KPM menerima Rp110.000 tiap bulan yang disalurkan langsung ke rekening penerima manfaat. Dana itu, hanya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok di agen bank, e-warung, atau RPK yang ditunjuk dan bekerjasama. 

Hasyimah menyatakan, kebutuhan yang bisa dibeli di sana antara lain beras dan gula.

Sementara itu, jumlah KPM Kota Batam tahun ini berkurang dibanding tahun lalu sebanyak 36.103 KPM. 

"Pemkot diminta memperbarui data yang dilakukan Dinsospemas bersama camat dan lurah hingga akhir tahun," kata Hasyimah.

Editor: Rusdianto

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar