Penyaluran rastra di Lingga tahap pendataan

id Penyaluran rastra di Lingga tahap Clearing Data

Untuk tahun ini data penerima rastra masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu 5.284 keluarga
Lingga (Antaranews Kepri) - Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau rastra (beras sejahtera)  di Kabupaten Lingga masih dalam pendataan selain itu Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang menjadi pelaksana dari program ini juga masih menunggu beberapa administrasi pendukung dari Dinas Sosial Provinsi Kepri.

"Untuk tahun ini data penerima rastra masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu 5.284 keluarga, untuk itu perlu dilakukan clearing data yang sudah dilakukan oleh pusat agar penerima tepat sasaran," kata Hasbullah Kasi Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos PPA Kabupaten Lingga kepada Antara, Kamis.

Penerima tersebut nantinya juga akan menerima bantuan sosial PKH Non tunai dimana penyalurannya akan melalui kecamatan dan desa yang dikoordinir oleh Dinas Sosial. Penyaluran rastra pada tahun ini menurutnya berbeda dengan tahun 2017 yang lalu, dimana masyarakat harus membayar dengan harga murah untuk mendapatkan beras.

Pada tahun ini pemerintah menggratiskan penerima beras sejahtera tersebut dan tidak dipungut biaya apapun, berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk clearing data tersebut saat ini masih menunggu data dari pemerintah pusat, dan sampai hari ini menurutnya dinas masih melakukan penyesuaian data dari pusat tersebut agar tidak terjadi kesalahan data dilapangan.

Setelah dilakukan clearing data selanjutnya dinas akan melakukan sosialisasi ke kecamatan dan desa untuk teknis penyaluran rastra tersebut. Selain rastra Dinas sosial saat ini juga melakukan koordinasi dengan Pemprov Kepri dan pemerintah pusat untuk Program Keluarga Harapan (PKH) salah satunya adalah bantun Kelompok usaha bersama (Kube) yang pada tahun yang lalu tidak diprogramkan tahun ini kembali diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

Sementara itu Kepala Gudang Bulog Dabosingkep Hutri Walter saat ditemui Antara dikantornya mengatakan bulog sudah menghubungi dinas terkait untuk menyalurkan rastra pada tahun ini, namun hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Lingga masih melakukan penyesuain data penerima beras yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

" Kita dari bulog kapanpun siap, dan kita sudah koordinasi dengan pemda kapan akan melakukan penyaluran beras," ujarnya. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE