Wako Tanjungpinang minta rahasiakan pilihan pada pilkada

id Pilkada Tanjungpinang,Wali Kota Tanjungpinang ,Raja Ariza

Wako Tanjungpinang minta rahasiakan pilihan pada pilkada

Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza (Antaranews Kepri/Aji Anugraha)

Terutana Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu menjadi contoh bagi masyarakat. Meski memiliki hak pilih, sebaiknya ASN rahasiakan pilihannya

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Penjabat Wali Kota (Wako) Tanjungpinang Raja Ariza minta warga yang memiliki hak pilih merahasiakan pilihannya pada pilkada.

"Terutana Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu menjadi contoh bagi masyarakat. Meski memiliki hak pilih, sebaiknya ASN rahasiakan pilihannya," ujarnya di Tanjungpinang, Jumat.

Ariza mengingatkan sekali lagi ASN harus tetap menjaga netralitas. ASN tidak boleh mengajak atau mempengaruhi orang lain untuk memilih salah satu pasangan calon.  (baca: Oknum ASN Bintan terlibat Pilkada Tanjungpinang)

"Silahkan memilih pasangan calon sesuai pilihan hati, tetapi itu harus menjadi rahasia," katanya.

Ia mengharapkan seluruh elemen masyarakat bersinergi mengawasi pelaksanaan tahapan pilkada. Masyarakat tidak boleh terpecah-belah karena berbeda pilihan.

Dalam demokrasi, kata dia perbedaan pilihan merupakan hal yang biasa terjadi, karena setiap pemilih memiliki penilaian yang tidak selalu sama terhadap peserta pilkada.

"Mari saling bekerja sama dan bersinegri untuk menyukseskan pilkada yang akan melahirkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner Bawaslu Tanjungpinang, M Zaini, mengatakan, ASN diawasi oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk peserta pilkada.

"Kami ingatkan ASN agar tetap netral, tidak berpolitik, tidak menjadi juru kampanye atau pun tim sukses. Kami akan mengawasi mereka," katanya.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kepri, Muhammad Syahri Papene, mengimbau masyarakat yang telah ditetapkan sebagai pemilih untul menggunakan hak suaranya pada pilkada.

Ia juga mengingatkan masyarakat tidak terprovokasi dengan berbagai isu yang dapat menimbulkan perpecahan.

"Kami berharap pilkada ini merupakan pesta demokrasi yang berkualitas, dan melahirkan pemimpin daerah yang diinginkan masyarakat," katanya. (baca juga: Sejumlah tokoh silaturahmi jelang pilkada)


Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE