Kemenag ingatkan masyarakat waspada biro umroh curang

id Biro umroh batam

Kementerian Agama RI (Istimewa)

Batam (Antaranews Kepri) - Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kepulauan Riau mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap perusahaan biro perjalanan umroh yang berbuat curang, agar tidak dirugikan.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri Marwin Djamal di Batam, Selasa, menyatakan ada rumus 5 Pasti, agar masyarakat terhindar dari biro perjalanan umroh yang berbuat curang.

"Pastikan travelnya, pastikan jadwalnya, pastikan jadwal penerbangannya, pastikan hotelnya, dan pastikan visanya," kata dia.

Kemenag juga selalu menyosialisasikan peringatan itu dalam kegiatan subuh keliling, magrib mengaji, majelis taklim dan lainnya.

Hingga kini, kata dia, kini tidak ada jamaah travel yang melapor telah dirugikan oleh perusahaan di Kepri.

"Sampai saat ini belum ada laporan keluhan di Kepulauan Riau, karena kami selalu melakukan deteksi dini jangan sampai ada masyarakat Kepulauan Riau yang dirugikan," kata Marwin Djamal.

Kemenag Kepri terus mengawasai penyelenggara umroh di tiap kabupaten kota setempat, demi memastikan tidak ada penyelewengan yang merugikan jamaah.

Kemenag Kepri juga melakukan tata kelola biro perjalanan ibadah umroh dengan mengeluarkan surat pembinaan penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh (PPIU) yang ditujukan kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Kepri.

"Kemenag senantiasa melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap PPIU kantor pusat maupun kantor cabang, apabila ada pengaduan masyarakat yang merasa dirugikan terkait dengan penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh oleh PPIU agar segera dilaporkan ke Kanwil Kemenag Kepri," kata dia.

Kemenag mencatat terdapat 24 biro jasa travel umrah yang beroperasi di wilayah Kepri, lima di antaranya berkantor pusat di Kepri, yaitu PT Zulian Kamsindo Tour & Travel, PT Biro Perjalanan Wisata Duta Karya Indo Perkasa/ DKI Tour, PT Nettour Batam, PT Musi Holiday dan PT Azzammecca. (Antara)

Editor : Pradanna Putra
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar