Hang Nadim miliki mobil pemadam tercanggih se-Indonesia

id Bandara Hang Nadim Batam,pemadam kebakaran hang nadim

Mobil pemadam kebakaran merk Ziegler tipe 1A buatan Jerman yang dimiliki Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Tinggal pencet ini saja sudah langsung hidup mesinnya tidak perlu lagi pakai kunci
Batam (Antaranews Kepri) - Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Internasional Hang Nadim Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau memiliki mobil pemadam kebakaran tercanggih di Indonesia yang memiliki akselerasi nol sampai 80 kilometer dalam hitungan satu menit.

Direktur BUBU Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Selasa, mengatakan saat ini ada beberapa bandara lain di Indonesia yang memiliki mobil pemadam kebakaran dengan merk yang sama yaitu Ziegler.


Namun dari segi seri milik Bandara Hang Nadim lebih tinggi dibandingkan lainnya. "Cengkareng, Surabaya dan Bali juga punya ini, tapi mereka tipe 1 dan kita tipe 1A," katanya. 

Mobil tersebut merupakan jenis terbaru yang diproduksi PT Ziegler asal Jerman dengan keunggulan salah satunya yaitu memiliki sensor air di bagian bawahnya.

Suwarso mengatakan kelebihan lain dari kendaraan tersebut yaitu sistem di dalamnya seluruhnya otomatis. Sehingga hanya dengan menekan tombol yang berada di luar dengan metode sentuhan mobil pemadam kebakaran sudah bisa langsung beroperasi atau siap jalan.

"Tinggal pencet ini saja sudah langsung hidup mesinnya tidak perlu lagi pakai kunci," ujarnya. Suwarso mengatakan mobil Ziegler seri 1A tersebut memiliki daya tampung air hingga 12.500 liter dan 1.500 foam dengan kecepatan 120 kilometer per jam.

Suwarso menambahkan mobil tersebut pengadaan pada 2017 lalu dengan nilai anggaran Rp33 miliar. Keunggulan lainnya yaitu jumlah personel juga jauh lebih sedikit. Jika biasanya diperlukan tujuh sampai delapan orang, namun dengan menggunakan mobil tersebut bisa berfungsi maksimal dengan tiga personel pemadam kebakaran.

"Kita ada dua unit yang Ziegler dan yang Morita buatan Jepang ada lima jadi total keseluruhan mobil kita ada tujuh," ujarnya.

Namun, kata Suwarso, dari jumlah tersebut untuk mobil pemadam merk Morita hanya tiga unit yang kondisinya masih bisa digunakan. Sementara dua unit lagi sudah dalam kondisi kurang baik. "Kalau Morita ini pengadaan tahun 80-an jadi kita meremajakan mobil pemadam kebakaran," katanya.

Suwarso mengatakan dengan memiliki mobil pemadam kebakaran tersebut Bandara Hang Nadim Batam sudah memenuhi standar dari sisi keselamatan. Menurutnya Bandara yang masuk dalam kategori sembilan harus memiliki mobil pemadam kebakaran dengan jumlah maksimal 24 ribu liter air.

"Ziegler ini masing-masing bisa menampung 12.500 liter air, jadi dua ini saja sudah 25 ribu liter," katanya. Petugas pemadam kebakaran di Bandara Hang Nadim kata Suwarso juga sudah diberikan pelatihan selama satu bulan untuk mengoperasikan kendaraan tersebut.

Sementara untuk perawatannya sampai saat ini masih ditanggung pihak perusahaan hingga satu tahun ke depan.(Antara)


Editor : Rusdianto
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar