Bawaslu Kepri jalin kemitraan bersama wartawan

id bawaslu kepri,kemitraan wartawan

Bawaslu Kepri jalin kemitraan bersama wartawan

Bawaslu Kepulauan Riau saat silaturahmi bersama para wartawan dari berbagai media dalam rangka peningkatan peran media dalam tahapan Piemilu 2019. (Antaranews Kepri/Aji Anugraha)

Bagaimana teman-teman media dapat bersinergi dengan Bawaslu dalam bidang pengawasan. Karena secara pisikologis kita selalu bergandeng tangan untuk melakukan pengawasan, hanya kami diberikan kewenangan untuk penindakan setelah pencegahan
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Untuk mensinergikan peran media dalam pengawasan tahapan Pilkada Tanjungpiang dan Pemilu serentak 2019, Bandan  Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Riau menggelar silaturahmi bersama sejumlah wartawan di kota itu.

Ketua Bawaslu Muhammad Syahjri Papene, Bawaslu RI, di Tanjungpinang, Senin mengatakan sebagai amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, wartawan merupakan mitra utama Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu.

"Inilah harapan kami kepada rekan-rekan wartawan, agar menyampaikan kepada masyarakat mengenai informasi seputar Pemilu, dan pendidikan politik, kontrol politik dan bagaimana dapat bersinergi dengan Bawaslu mengenai pengawasan," ujarnya.

Sayhjri mengungkapkan menempatkan pada tugas Bawaslu dan wartawan sebagai lembaga yang dibentuk negara untuk mengawasi Pemilu, memberikan kesempatan kepada media ikut mengawasi dan melaporkan setiap pelanggaran Pemilu ke Bawaslu.

"Bagaimana teman-teman media dapat bersinergi dengan Bawaslu dalam bidang pengawasan. Karena secara pisikologis kita selalu bergandeng tangan untuk melakukan pengawasan, hanya kami diberikan kewenangan untuk penindakan setelah pencegahan," ujarnya.

Komisioner Bawaslu Kepulauan Riau yang juga Koordinator Pengawasan Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Idris mengutarakan dalam tahapan pengawasan Pilkada Tanjungpinang dan Pemilu 2019, Bawaslu sudah membuat sejumlah program berbasis ekonomi dan informasi.

"Kami sudah membentuk forum warga, dimana program ini dapat berkerjasama dengan masyarakat. Menjalin kemitraan dengan media, supaya kita bisa saling bersinergi dan dapat berkerjasama dengan baik. Dan menjalankan aplikasi Gowaslu dan JDIH yang dapat diakses masyarakat jika menemukan pelanggaran Pemilu," ungkapnya.

Dalam silaturahmi Bawaslu bersama para wartawan di kota Tanjungpinang itu, turut dihadiri sedikitnya 20 wartawan dari media cetak, online, televisi lokal dan radio. Beberapa diskusi menarik seputar Pilkada dan Pemilu turut dibahas dalam silaturahmi tersebut.

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE