Bintan targetkan raih kembali Adipura

id bintan raih adipura,bupati bintan apri sujadi

Bintan targetkan raih kembali Adipura

Ilustrasi: Piala Adipura untuk Kota Tanjungpinang. (Antaranews Kepri/Aji Anugraha)

Dalam tiga tahun berturut-turut Bintan meraih Adipura. Ini prestasi yang harus dipertahankan
Bintan (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan tahun 2018 kembali mampu meraih Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Dalam tiga tahun berturut-turut Bintan meraih Adipura. Ini prestasi yang harus dipertahankan," kata Bupati Bintan Apri Sujadi, di Bintan, Kamis.

Ia menambahkan Adipura kebanggaan bagi pemerintah dan masyatakat. Prestasi itu pula sebagai stimulus bagi pemerintah daerah masyarakat untuk tetap mempertahankan agar lingkungan tetap asri dan bersih.

Setiap anggota keluarga harus dapat menjaga rumah dan ingkungan sekitar rumah tetap bersih. Masyarakat dan Pemerintah Bintan sudah menunjukkan kemampuannya mampu menjaga lingkungan tetap bersih, sehat dan asri.

"Kebersihan merupakan pangkal kesehatan sehingga tidak akan rugi bagi setiap orang untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya," ucapnya.

Apri mengemukakan, pemerintah pusat memberikan Adipura kepada sejumlah daerah untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat menjaga lingkungan agar tetap bersih, asri dan sehat. Bintan sejak tiga tahun melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kebersihan lingkungan, baik di kawasan perkotaan maupun di pesisir.

"Target meraih Adipura tahun ini dapat tercapai jika didukung oleh seluruh elemen masyarakat," ucapnya.

Ia mengatakan, Tim Penilai Adipura dsri Kementerian Lingkungan Hidup dalam waktu dekat akan meninjau sejumlah kawasan di Bintan. Mereka akan melakukan penilaian terhadap kondisi lingkungan di Bintan.

"Tahun ini kami juga akan kembali ditinjau oleh Tim Penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup, tentunya kami siap kapan pun dikunjungi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bintan, Aprizal Bahar mengatakan, rencananya pekan ini, Tim Penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia akan kembali menyambangi beberapa titik lokasi pantau di Kabupaten Bintan.

"Namun kami tidak tahu tanggal berapa. Kapan pun mereka datang, kami siap " ujarnya.

Ia mengatakan, tim penilai akan menelusuri titik pantau berdasarkan instrumen yang menjadi indikator penilaian penghargaan Adipura, mulai dari jalan protokol, parit, pasar, sejumlah pemukiman, perkantoran, puskesmas, sekolah, ruang terbuka hijau (RTH), serta sistem pengolahan sampah.

"Beberapa titik pantau akan dikunjungi, kita imbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung lingkungan yang bersih dan sehat," katanya.

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE