BMKG imbau pengguna transportasi laut berhati-hati

id BMKG Hang Nadim Batam,transportasi laut kepri,prakiraan cuaca di kepri

BMKG imbau pengguna transportasi laut  berhati-hati

Ilustrasi: Aktivitas pelayaran tradisional di perairan Kepulauan Riau (Antaranews Kepri/Danna Tampi)

Untuk aktivitas kelautan dan transportasi laut diimbau untuk berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi di wilayah perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas
Batam (Antaranews Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengimbau pengguna transportasi laut di perairan Provinsi Kepulauan Riau berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus laut yang kencang pada hampir di seluruh perairan, Minggu.

"Untuk aktivitas kelautan dan transportasi laut diimbau untuk berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi di wilayah perairan Bintan, Lingga, Natuna dan Anambas," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Aprilia Susilowati.

Ia memperkirakan gelombag laut di Perairan Kepri hingga mencapai empat meter, dengan arus laut mencapai 55 cm/detik.

Secara umum, ia menyatakan kondisi cuaca diprakirakan berawan serta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, yang dapat disertai petir.

Adanya belokan angin di sebagian wilayah Kepri dan tingginya prediksi nilai kelembapan lapisan atas, menyebabkan banyaknya massa udara yang mendukung proses pertumbuhan awan konektif.

"Kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 km/jam.

Suhu udara di Batam sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembapan 75-97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,3-1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 km/jam.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembaban 73-95 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,3-2,5 meter.

Karimun pada Minggu pada Minggu pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin mencapai 5-36 km/jam.

Suhu udara di Karimun sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembapan 73-97 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,2-0,8 meter.

Cuaca di Lingga, pada Minggu pagi hujan ringan hingga sedang dan siang sampai dini hari berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 km/jam.

Suhu udara di Lingga sekitar 24-30 derajat Celsius dengan kelembapan 73-93 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,2-2 meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga hingga dini hari berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-33 km/jam.

Suhu udara di Natuna antara 25 sampai 31 derajat Celsius dengan kelembaban 78-95 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5-4 meter.

Di Kabupaten Anambas, Minggu pagi hingga dini hari berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-30 km/jam.

Suhu udara Anambas antara 25-31 derajat Celsius dengan kelembaban 70-92 persen, sedangkan gelombang diperkirakan 0,5-3,5 meter. Baca juga: BMKG peringatkan potensi angin kencang di Kepri

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE