Antara latih mahasiswa UMRAH Tanjungpinang

id Antara Kepri,pelatihan jurnalistik,UMRAH Tanjungpinang

Antara latih mahasiswa UMRAH Tanjungpinang

Ilustrasi : Kepala Biro LKBN ANTARA Kepri, Evy Ratnawati Syamsir menyampaikan materi dalam seminar sehari bertema Seminar Pers dan Nasionalisme beberapa waktu lalu. (Antaranews Kepri)

Selama ini kami belajar jurnalistik secara otodidak sehingga banyak permasalahan yang tidak dapat diatasi. Ternyata menjadi jurnalis itu penuh tantangan
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Kepri melatih jurnalistik kepada belasan mahasiswa yang tergabung dalam "Risalah Maritim" Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Ketua panitia latihan kader penulis Risalah Maritim UMRAH, Monica, di Tanjung Siambang, Tanjungpinang, Minggu, mengatakan pelatihan jurnalistik dibutuhkan jurnalis kampus untuk meningkatkan kemampuan menulis berita.

"Ilmu pengetahuan jurnalistik dan pengalaman jurnalis Antara mendorong kami menjadi jurnalis kampus yang bermanfaat bagi kampus dan masyarakat. Kami sangat bersemangat," ujarnya.

Monica mengatakan pelatihan jurnalistik untuk kader baru Risalah Maritim dilaksanakan selama dua hari sejak Sabtu (17/3). Pelatihan ini diharapkan memperkuat organisasi yang merupakan unit kegiatan mahasiswa, sekaligus melahirkan jurnalis baru di kampus yang handal.

Ia mengatakan pengalaman yang diperolehnya dan jurnalis Risalah Maritim lainnya selama setahun menjadi jurnalis kampus ternyata belum mencukupi.

Banyak permasalahan di lapangan yang tidak terjawab sehingga pengetahuan jurnalistik dan pengalaman pewarta Antara dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

"Selama ini kami belajar jurnalistik secara otodidak sehingga banyak permasalahan yang tidak dapat diatasi. Ternyata menjadi jurnalis itu penuh tantangan," katanya.

Menurut dia, pewarta LKBN Antara di Tanjungpinang memberi warna baru kepada para jurnalis kampus. Teknik menulis berita langsung yang sederhana ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

"Selama ini kami jalan sendiri, tidak ada yang melatih kami. Sempat juga berpikir untuk tidak lagi menjadi jurnalia kampus. Namun pikiran itu sirna setelah kami mendapat pengetahuan dari Antara," katanya.

Ia mengatakan, Risalah Maritim akan meningkatkan kerja sama dengan LKBN Antara Biro Kepri agar dapat menjadi jurnalis kampus yang bermanfaat bagi orang banyak.

"Kami berharap dapat menjadi bagian dari keluarga Antara, yang senantiasa diperhatikan dan dibina agar lebih baik," katanya.

Kepala Biro LKBN Antara Biro Kepri, Evy Ratnawati mengatakan tugas pewarta Antara di daerah tidak hanya sekadar meliput dan membuat berita.

Sebagai pewarta kantor berita negara memiliki tanggung jawab moril untuk menyebarkan ilmu jurnalistik secara benar kepada mahasiswa yang merupakan generasi emas.

"Memberi pendidikan jurnalistik kepada para mahasiswa, termasuk menanamkan semangat nasionalisme di kawasan perbatasan sudah dilakukan Antara sejak beberapa tahun terakhir," katanya.

Evy berharap para jurnalis muda di kampus dapat memberi kontribusi positif dalam dunia akademisi. "Kami berharap Risalah Maritim UMRAH dapat berkembang pesat, dan mampu mewarnai kampus," katanya.  Baca juga: Antara-UMRAH gelar debat Pilkada Tanjungpinang

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE