Rapat Teknis Panwaslu Libatkan Kapolres sebagai Narasumber

id Panwaslu kapolres

Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi, SIK. MH, ketua Panwaslu Zamroni, Jaswir saat memberikan arahan (Nurjali / Antaranews)

Interaksi dunia nyata dengan dunia maya ini semakin berbeda dengan perkembangan-perkembangan teknologi saat ini, sehingga dibutuhkan sosialisasi di masyarakat terhadap masalah ini agar tidak melanggar aturan
Lingga (Antaranews Kepri) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Lingga melibatkan Kapolres Lingga dalam memberikan arahan tentang pengawasan pada rapat teknis pengawasan pada Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, yang digelar di salah satu hotel di Dabosingkep, Rabu.

Dalam keterangan persnya Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengingatkan kepada Panwascam untuk beberapa hal salah satunya adalah tentang lembaga survei yang melakukan survei pada Pemilu. Lembaga survei diharapkan benar-benar berjalan sesuai koridor dan peraturan hukum yang berlaku, sehingga tidak menganggu ketertiban dan keamanan pada Pemilu nanti.

Kapolres juga berpesan agar panitia pengawas dapat melakukan pemantauan terhadap perkembangan media sosial, yang juga berpotensi menjadi pemicu konflik antar calon maupun partai politik. Selain itu manfaat dunia maya ini dengan berbagai macam aplikasi media sosial khususnya, juga sangat bermanfaat dalam mendongkrak popularitas pasangan calon.

Panitia pengawas diharapkan mampu memberikan porsi yang sama terhadap semua partai, ataupun calon anggota legislatif. Melalui berbagai aplikasi teknologi messaging atau pesan singkat yang saat ini mulai bersaing untuk membentuk komunitas-komunitas, atau grup juga sangat memiliki potensi untuk dimanfaatkan bagi konsituen pemilih dalam melakukan kampanye.

"Interaksi dunia nyata dengan dunia maya ini semakin berbeda dengan perkembangan-perkembangan teknologi saat ini, sehingga dibutuhkan sosialisasi di masyarakat terhadap masalah ini agar tidak melanggar aturan," kata AKBP Ucok Lasdin Silalahi, SIK. MH kepada Antara, Rabu.

Kapolres juga berharap komunikasi antara penyelenggara pemilu dalam hal ini Panitia Pengawas dapat dilakukan lebih ekstra untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap Pemilu yang akan datang, salah satu komunikasi yang dimungkinkan juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta yang terdiri dari Panitia Pengawas Kecamatan Se - Kabupaten Lingga ini, sangat antusias memberikan pertanyaan kepada Kapolres Lingga dengan berbagai macam persoalan yang sering terjadi dilapangan yang dalam hal ini sangat dibutuhkan peran kepolisian dalam penanganan dan penjelasannya.

Dihubungi ditempat yang sama Ketua Panwaslu Kabupaten Lingga Zamroni mengatakan kegiatan tersebut merupakan persiapan panwaslu Kabupaten Lingga, dalam menyongsong tahapan Pemilu Lagislatif dan Presiden yang sudah dimulai saat ini. Sehingga rapat kerja teknis pengawasan untuk meningkatkan kemampuan kapasitas panwascam se Kabupaten Lingga untuk menghadapai tahapan Pileg dan Pilpres di tahun 2019 ini sangat penting.

"Tanggal 17 April 2018 ini sudah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih yg itu juga perlu pengawasan yang ekstra dari sahabat bawaslu yang ada di tingkat kecamatan," sebutnya.  (Antara).

Editor: Evy R. Syamsir 
 
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar