BMKG peringatkan gelombang laut Natuna 3,5 meter

id BMKG,gelombang laut natuna

BMKG peringatkan gelombang laut Natuna 3,5 meter

Ilustrasi: Gelombang Tinggi (antaranews.com)

Batam (Antaranews Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperingatkan pengguna aktivitas kelautan di perairan Natuna berhati-hati, karena gelombang mencapai 3,5 meter pada Jumat.

Selain di Perairan Natuna, gelombang tinggi juga terjadi di Perairan Kepulauan Anambas yang diprakirakan mencapai 2 meter.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau untuk berhati-hati terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di wilayah Natuna dan Anambas," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Debora Trully.

Sedangkan untuk aktivitas transportasi darat dan udara, ia mengatakan masih kondusif.

Secara umum, ia menyatakan kondisi cuaca diprakirakan cerah hingga berawan serta berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang, yang dapat disertai petir.

"Prakiraan nilai kelembapan udara yang rendah di lapisan atas kurang mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif," kata dia.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Jumat pagi cerah berawan, siang berawan, malam kembali cerah berawan dan dini hari berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-38 km/jam.

Suhu udara di Batam sekitar 25-32 derajat Celsius dengan kelembapan 60-92 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,2-0,7 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Jumat cerah berawan, siang berawan dan malam hingga dini hari cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-38 km/jam.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sekitar 24-32 derajat Celsius dengan kelembaban 55-90 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,2-1 meter.

Karimun pada Jumat pada pagi cerah berawan, siang berawan, malam kembali cerah berawan dan dini hari berawan. Kecepatan angin mencapai 5-38 km/jam.

Suhu udara di Karimun sekitar 25-32 derajat Celsius dengan kelembapan 60-90 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,2-0,7 meter.

Cuaca di Lingga, pada Jumat pagi cerah berawan, siag berawan hujan ringan, malam berawan dan dini hari kembali berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan 5-36 km/jam.

Suhu udara di Lingga sekitar 21-31 derajat Celsius dengan kelembapan 70-95 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,2-0,8 meter.

Kabupaten Natuna pada Jumat pagi cerah berawan, siag berawan hujan ringan, malam cerah berawan dan dini hari kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-38 km/jam.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 32 derajat Celsius dengan kelembaban 68-92 persen, sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5-3,5 meter.

Di Kabupaten Anambas, pada Jumat pagi cerah berawan, siang berawan, malam kembali cerah berawan dan dini hari berawan. Kecepatan angin diprakirakan 5-38 km/jam.

Suhu udara Anambas antara 24-31 derajat Celsius dengan kelembaban 70-93 persen, sedangkan gelombang diperkirakan 0,2-2 meter.

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE