Bintan tingkatkan kualitas kades

id bintan,kualitas kepala desa,kades bintan

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, berupaya meningkatkan kualitas kepala desa melalui berbagai program dengan melibatkan berbagai pihak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bintan Robby Kartika di Tanjungpinang, akhir pekan, mengatakan bahwa pengetahuan dan mental kades sekarang jauh lebih baik daripada beberapa tahun silam.

"Kualitas kades jauh lebih baik. Mereka memiliki mental yang baik dan pengetahuan yang selalu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan," kata Ronny.

Ia menyebutkan sebanyak 36 kades di Bintan juga pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus di Jawa Barat yang dipimpin perwira tinggi TNI Angkatan Darat. Setelah mengikuti diklat itu, mereka saling mengenal dan kompak.

"Orientasi mereka juga makin baik, memiliki jiwa nasionalis dan bekerja untuk mengabdi kepada warganya," ucapnya.

Ronny mengatakan bahwa ilmu pengetahuan tentang perencanaan pembangunan desa dan penggunaan dana desa juga makin baik. Mereka juga mendapat pendampingan dari pihak kepolisian dan kejaksaan.

Potensi pelanggaran dalam penggunaan dana desa kemungkinan kecil terjadi karena kedua lembaga itu memberi memberi pendidikan hukum dan melakukan berbagai upaya pencegahan lainnya.

Selain itu, kata dia, Tim Pembina Bintan akan membangun sekretariat bersama. Kantor ini makin memperkuat peran kades untuk kemajuan desa secara terintegrasi.

"Kami juga memperkuat pengawasan internal dan tim pelaksana kegiatan ditingkatkan," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa alokasi dana desa dari anggaran daerah pada tahun ini mencapai Rp53 miliar, sedangkan dana desa dari pusat untuk Bintan Rp30,9 miliar. Penggunaan anggaran harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi desa.

"Rata-rata setiap desa mengelola anggaran tahun ini sebesar Rp2,8 miliar. Seluruh kegiatan wajib dipublikasi," katanya.

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE