UMRAH: Pemilihan duta bahasa tingkatkan nasionalisme

id duta bahasa,umrah

UMRAH: Pemilihan duta bahasa tingkatkan nasionalisme

Sosialisasi Pemilihan Duta Bahasa Kepulauan Riau di auditorium UMRAH Tanjungpinang, Jumat (6/4). (Antaranews Kepri/Niko Panama)

Proses seleksi ini luar biasa, karena mahasiswa harus menguasai Bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Mahasiswa juga harus memiliki wawasan pengetahuan yang luas,
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Kegiatan Duta Bahasa dapat meningkatkan nasionalisme para generasi muda, kata Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Ahada Wahyusari.

"Kegiatan Duta Bahasa tingkat provinsi hingga nasional bukan kegiatan biasa. Kegiatan ini sebagai stimulus untuk meningkatkan rasa peduli dan bangga terhadap bahasa negara, Bahasa Indonesia," katanya seusai membuka kegiatan Sosialisasi Pemilihan Duta Bahasa di Auditorium UMRAH, Jumat.

Di hadapan sekitar 100 mahasiswa UMRAH, Ahada mengingatkan kembali kepada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk melestarikan Bahasa Indonesia dan tanamkan rasa bangga terhadap bahasa negara.

Selain itu, dia juga mengingatkan "generasi milenial" untuk tidak lupa dengan bahasa daerah sebagai warisan budaya. Mahasiswa harus mampu melestarikan bahasa daerah.

Mahasiswa harus juga harus menguasai bahasa asing agar mampu berdaya saing di tingkat internasional.

"Proses seleksi ini luar biasa, karena mahasiswa harus menguasai Bahasa daerah, bahasa Indonesia, dan bahasa asing. Mahasiswa juga harus memiliki wawasan pengetahuan yang luas," kata dia.

Ia mengemukakan, seleksi Duta Bahasa di Kepri diawali dengan sosialisasi di UMRAH, seperti yang dilakukan hari ini. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia UMRAH memfasilitasi kegiatan sosialisasi Pemilihan Duta Bahasa 2018 yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Kepri tersebut.

Peserta yang mengikuti kegiatan itu merupakan perwakilan mahasiswa dari 19 program studi di UMRAH.

"Kami memberi apresiasi kepada Kantor Bahasa yang sejak tahun 2015 sampai sekarang mempercayakan mahasiswa UMRAH sebagai Duta Bahasa mewakili Kepri di tingkat nasional," kata Ahada.

Kepala Kantor Bahasa Kepri, Zuryeti Muzar mengatakan, Pemilihan Duta Bahasa Kepri dilaksanakan setiap tahun. Duta Bahasa akan menjadi mitra Kantor Bahasa Kepri untuk memasyarakatkan Bahasa Indonesia dan sastra Indonesia.

"Kami berharap jumlah peserta yang mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Kepri 2018 tidak sedikit," kata dia.

Kantor Bahasa Kepri sudah mengumumkan seleksi Duta Bahasa Kepri 2018 di media sosial, dimulai dengan seleksi administrasi 1 Maret-9 Mei 2018. Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 8 Juni 2018. Kemudian dilanjutkan dengan masa karantina 27-29 Juli 2018. Tahapan karantina diikuti 15 laki-laki dan 15 perempuan.

"Dari hasil seleksi di Kepri akan lahir juara 1-3. Juara 1 akan mewakili Kepri di tingkat nasional. Kami berharap mereka berhasil menjadi yang terbaik. Tahun 2014, Duta Bahasa Kepri berhasil meraih juara 2 tingkat nasional," jelasnya. (Antara)

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE