Batam rencanakan PIK Rp1,3 miliar per kelurahan

id percepatan infrastruktur kelurahan,batam,wali kota batam,muhammad rudi

Batam rencanakan PIK Rp1,3 miliar per kelurahan

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (Antaranews Kepri/Danna Tampi)

Supaya pembangunan merata, tidak hanya di jalan utama
Batam (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, berencanan menaikkan dana pemberdayaan masyarakat dalam program Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK) dari Rp1,1 miliar tahun ini menjadi Rp1,3 miliar per kelurahan pada 2019.

"Dulu kami pikir susah menganggarkan Rp1,1 miliar untuk tiap keluarahan, ternyata bisa juga. Tahun depan kami paksakan Rp1,3 miliar untuk tiap kelurahan," kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Batam, Selasa.

Dana itu bisa digunakan untuk apa saja sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelurahan, namun Wali Kota mendorong agar dipakai untuk pembangunan atau pembenahan jalan lingkungan dan drainase.

Pembangunan dan pembenahan jalan serta drainase di lingkungan pemukiman itu, kata Wali Kota, untuk seirama dengan semangat pemerintah kota yang tengah giat membangun jalan kota.

"Supaya pembangunan merata, tidak hanya di jalan utama," kata dia.

Berbeda dengan perencanaan pembangunan kota yang dilakukan organisasi perangkat daerah, maka program PIK dilaksanakan sendiri oleh masyarakat.

Wali Kota menyatakan, semangat program itu adalah untuk pemberdayaan masyarakat dan agar masyarakat terlibat langsung dalam pembangunan sehingga lebih ada rasa memiliki.

"Saya haruskan yang mengerjakan masyarakat. Karena ini akan membantu ekonomi warga," kata dia.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar