Kemenkumham akan bangun lapas wanita di Batam

id Kemenkumham,bangun,lapas wanita,batam,menkumham,yasonna laoly

Kemenkumham akan bangun lapas wanita di Batam

Menkumham Yasonna Laoly menerima hasil pertanian warga binaan Rutan Batam. (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Lapas khusus perempuan akan kita bangun dan tadi kita sudah dapat lahan sekitar 9,8 hektare, nanti akan kita bangun dan lihat perkembangannya
Batam (Antaranews Kepri) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum dan HAM) akan membangun Lembaga Permasyarakatan (Lapas) khusus wanita dengan luas sekitar sembilan hektare di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

"Lapas khusus perempuan akan kita bangun dan tadi kita sudah dapat lahan sekitar 9,8 hektare, nanti akan kita bangun dan lihat perkembangannya," kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, di Batam, Senin.

Penyerahan lahan diserahkan Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo di sela-sela kegiatan Menkum dan HAM memberikan motivasi kepada 580 CPNS di kementerian tersebut.

Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak mendukung penuh pembangunan Lapas khusus wanita. 

"Dengan adanya Lapas tersebut, dapat mengurangi beban Lapas yang ada saat ini," ujar Jumaga.

Sebelumnya Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Provinsi Kepulauan Riau akan mengevaluasi Rumah Tahanan (Rutan) Baloi di Kota Batam dan meminta agar dilakukan pemisahan antara warga binaan perempuan dengan anak-anak.

"Kita akan agendakan untuk mengevaluasi Rutan Baloi karena kami mendengar di sana digabungkan antara perempuan dan anak-anak," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Ombudsman Provinsi Kepri, Achmad Irham Satria, di Batam beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Irham itu mengatakan sampai saat ini pihaknya belum dapat memastikan kapan akan mengunjungi Rutan Baloi. 

Evaluasi lanjut Irham dilakukan untuk melihat langsung kondisi di Rutan Baloi.

"Kita berharap bisa dipisahkan (warga binaan antara perempuan dengan anak-anak)," ujarnya.

Menurutnya dia pemisahan dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak inginkan.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE