Disdik Kepri siapkan klarifikasi temuan BPK

id disdik kepri,temuan bpk

Disdik Kepri siapkan klarifikasi temuan BPK

Gedung Badan Pemeriksa Keuangan RI. (ANTARA)

Damsiri enggan membeberkan jawaban apa yang akan disampaikan ke BPK RI.
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan klarifikasi atas temuan Badan Pemeriksa Keuangan terkait penyaluran dana beasiswa tahun 2017.

Sekretaris Disdik Kepri, Damsiri, yang dihubungi dari Tanjungpinang, Senin, menegaskan, pihaknya akan memberi jawaban atau klarifikasi terhadap permasalahan beasiswa yang disampaikan BPK kepada pemerintah.

"Kami sudah menelusuri permasalahan apa yang terjadi. Kami siapkan jawaban, kemudian jawaban itu diserahkan kepada BPK RI," katanya.

Damsiri enggan membeberkan jawaban apa yang akan disampaikan ke BPK RI.

"Biar satu pintu, nanti Pak Kadis (Arifin Nasir) saja yang menjelaskannya. Silahkan wawancara beliau Jumat pekan ini," kata dia.

Ia mengatakan temuan BPK RI itu mengagetkan Disdik Kepri, apalagi nilainya mencapai Rp1,9 miliar.

Menurut dia, Disdik Kepri hanya memverifikasi data administrasi calon penerima beasiswa, sedangkan yang berhak mencairkannya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

"Dana beasiswa tahun 2017 dialokasikan sebesar Rp1,9 miliar. Kami tidak mengetahui apakah sudah dicairkan atau belum, karena kami hanya mengurus administrasinya saja," katanya.

Damsiri menambahkan, saat proses verifikasi, Disdik Kepri juga dikritik sejumlah pihak, dan dijelaskan, penelitian data administrasi itu penting demi memastikan penerima beasiswa adalah mereka yang memenuhi persyaratan.

"Kami seperti selalu kena getahnya saja," kata Damsiri.

Awalnya, sebanyak 975 orang terdaftar sebagai calon penerima beasiswa. Kemudian setelah ditelusuri, sebanyak 10 orang dinyatakan tidak berhak, karena sudah tamat kuliah dan atau sudah menerima beasiswa lainnya.

"Sementara 34 orang mahasiswa belum terdata, administrasinya belum akurat. Sayangnya, mereka tidak dapat dihubungi," jelasnya. (Antara)

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE