KPU Tanjungpinang verifikasi dukungan calon anggota DPD

id KPU Tanjungpinang,verifikasi,calon anggota DPD

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Kami melakukan metode acak, dengan memeriksa lebih dari 500 dukungan terhadap 15 orang calon anggota DPD RI, yang belum lama ini mendaftar di KPU Kepri
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mulai melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, di Tanjungpinang, Senin, mengatakan pemeriksaan terhadap dukungan calon anggota DPD RI dimulai hari ini selama 10 hari.

"Kami melakukan metode acak, dengan memeriksa lebih dari 500 dukungan terhadap 15 orang calon anggota DPD RI, yang belum lama ini mendaftar di KPU Kepri," katanya, yang ikut memantau proses verifikasi faktual tersebut.

Robby yang didampingi empat Komisioner KPU Tanjungpinang lainnya mengatakan, tim verifikasi hanya mencocokkan data administrasi yang diterima, apakah benar warga tersebut memberikan dukungan kepada calon DPD.

Jika tidak benar memberikan dukungan, kata dia warga hanya membuat surat pernyataan bahwa tidak memberikan dukungan kepada calon. Dengan demikian, jumlah dukungan calon DPD menjadi berkurang.

"Tapi kalau warga memang mendukung, mereka hanya membubuhkan tanda tangan di atas surat yang sudah disiapkan oleh KPU," kata Robby.

Dari data yang diperoleh KPU Tanjungpinang, Syahrial dan Darma termasuk yang paling banyak di Tanjungpinang yang harus diverifikasi faktual dukungannya dibanding calon lainnya. Ada juga calon DPD yang hanya mendapat sampling 3 dukungan di Tanjungpinang.

KPU Tanjungpinang membagi lima tim dalam melakukan verifikasi faktual.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar