Polres Karimun tes urine sopir angkutan umum

id arus mudik,tes urine,polres karimun,sopir angkutan umum Karimun

Tes urine dan pemeriksaan kesehatan sopir angkutan umum yang digelar Satlantas Polres Karimun. (foto: Istimewa)

Karimun (Antaranews Kepri) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Karimun bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional setempat menggelar tes urine bagi sopir angkutan umum di Terminal Bukit Tembak, Kecamatan Meral, Sabtu.

"Tes urine dilakukan untuk memastikan para sopir bebas dari narkoba demi terwujudnya keamanan bagi para penumpang angkutan umum," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Karimun AKP Teuku Fazrial Kenedy di Tanjung Balai Karimun.

Teuku Fazrial Kenedy mengatakan, tes urine bagi para sopir angkutan umum merupakan bagian dari kegiatan pengamanan arus mudik Operasi Ketupat Seligi 2018.

Setiap sopir yang tiba di terminal Bukit Tembak tidak luput dari pemeriksaan urine oleh petugas BNNK Karimun.

"Hasilnya, tidak ada sopir yang positif menggunakan narkoba, semuanya negatif," kata dia.

Selain melakukan tes urine, dalam kesempatan itu, personel Satlantas Polres Karimun bekerja sama dengan petugas Dinas Perhubungan Karimun juga memeriksa kelengkapan dan dokumen angkutan umum.

Pemeriksaan kelengkapan tersebut, menurut dia, juga menjadi bagian dari upaya mewujudkan sarana transportasi yang memenuhi aturan sehingga mendorong terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

Dalam kesempatan itu, petugas juga menempelkan stiker di setiap angkutan umum, dan brosur kepada para penumpang yang berisikan imbauan tentang keselamatan berlalu lintas.

"Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Pengendara maupun penumpang harus memperhatikan keselamatannya," ujarnya.

Kasat Lantas mengatakan jajarannya juga menggencarkan patroli dan menugaskan personel pada titik-titik rawan macet dan rawan kecelakaan lalu lintas.

Beberapa titik yang mendapatkan pengamanan petugas, menurut dia, seperti di depan bazar Ramadhan, dan pasar-pasar dadakan yang tersebar di beberapa ruas jalan di Kecamatan Karimun, Meral maupun Tebing.

"Kita juga menggiatkan penindakan terhadap kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing atau tidak sesuai standar," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya mengimbau kepada para sopir maupun nakhoda kapal agar mengutamakan keselamatan para penumpang.

"Dan kita ingatkan jangan mengonsumsi narkoba karena bisa membahayakan penumpang," kata dia.

Kapolres menyebutkan peningkatan kegiatan razia oleh Satlantas diharapkan dapat mencegah kecelakaan, dan menumbuhkan kesadaran bagi pengguna jalan agar tetap mematuhi aturan dan memperhatikan keselamatan.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar