Puluhan mobil hias meriahkan takbiran di Karimun

id festival takbiran,pawai takbir,lebaran,idul fitri,karimun

Puluhan mobil hias meriahkan takbiran di Karimun

Bupati Karimun dan sejumlah pejabat menabuh beduq mekepas peserta pawai takbir Idul Fitri 1439 H. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Karimun (Antaranews Kepri) - Puluhan mobil hias memeriahkan Festival Takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Kamis malam.

Puluhan mobil yang dihias seperti miniatur masjid atau kubah masjid disertai kumandang takbir berkeliling setelah dilepas Bupati Karimun Aunur Rafiq di Coastal Area Tanjung Balai Karimun.

"Ada 40 peserta dari masjid dan mushalla dan ditambah 5 peserta umum serta ratusan mobil mengikuti Festival Takbiran yang sengaja kita adakan untuk menyambut hari kemenangan Hari Raya Idul Fitri," kata Aunur Rafiq usai melepas peserta takbir keliling.

Aunur Rafiq mengatakan, Festival Takbir merupakan wujud syukur umat Islam dengan mengumandang takbir membesarkan asma Allah, setelah satu bulan penuh menunaikan ibadah puasa.

Dia mengharapkan pawai takbir digelar dengan penuh kesyukuran, tanpa aksi ugal-ugalan atau hura-hura di jalan raya.

Dengan mengumandangkan kalimat takbir, dia juga mengharapkan segenap umat Islam makin memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Sehingga terwujud Kabupaten Karimun yang penuh keberkahan dan rahmat dari Allah SWT, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, negeri yang baik dan penuh ampunan," kata dia mengutip salah satu ayat suci Al Quran.

Pada kesempatan itu dia juga mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri kepada segenap umat Islam, dan dia berharap hari kemenangan diisi dengan silaturahmi dan saling bermaaf-maafan.

"Bermaaf-maafan dan mempererat tali silaturahmi sangat dianjurkan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah," ujarnya.

Acara pelepasan pawai takbir juga dihadiri Wakil Bupati Anwar Hasyim, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Dandim 0317/Karimun Letkol Arm Rizal Analdie serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karimun.

Pelepasan pawai takbir ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Aunur Rafiq didampingi wakil bupati dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Pemerintah Kabupaten Karimun memperlombakan Festival Takbiran dengan menyediakan hadiah kepada para peserta yang tampil sebagai pemenang, dengan dewan juri dari Majelis Ulama Indonesia, Kantor Kementerian Agama Karimun, Bagian Kesra Setkab Karimun dan Dinas Pendidikan.

Berdasarkan pantauan, aparat kepolisian dibantu personel TNI, Satpol, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lain mengawal ketat pawai takbir.

Aparat keamanan juga mengamankan sejumlah persimpangan dan membatasi konvoi kendaraan bermotor sehingga tidak membaur bersama peserta pawai takbir.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE