Bawaslu Tanjungpinang temukan sampul surat suara rusak

id bawaslu tanjungpinang,sampul surat suara rusak

Bawaslu Tanjungpinang temukan sampul surat suara rusak

Pekerja melakukan pengecekan sampul surat suara Pemilihan Legislatif 2014 di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru, Riau, Jumat (21/2). Pengecekan sampul surat suara dilakukan untuk kesesuaian isi dan jumlah surat suara yang akan digunakan pada Pemilihan Umum 9 April mendatang. (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Surat suara yang rusak itu ditempel, dan diparaf petugas. Kemudian surat suara yang berada dalam amplop padi itu dibungkus plastik bening sebelum dimasukkan dalam kotak suara.
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menemukan sejumlah sampul surat suara pilkada yang rusak saat proses pengepakan.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Maryamah, yang memantau proses pengepakan surat suara di Kantor KPU Tanjungpinang, Kamis, mengatakan sebaiknya petugas berhati-hati saat memasukkan surat suara dalam amplop padi sebelum dibungkus plastik.

"Ya, itu tidak termasuk pelanggaran, tetapi demi keamanan sebaiknya surat suara itu dibungkus di tempat yang lebih aman agar tidak sobek atau rusak," katanya.

Surat suara yang rusak itu ditempel, dan diparaf petugas. Kemudian surat suara yang berada dalam amplop padi itu dibungkus plastik bening sebelum dimasukkan dalam kotak suara.

"Sejauh ini, proses pengepakan surat suara berlangsung lancar. Kami akan memantaunya hingga didistribusikan ke tempat pemungutan suara," ucapnya.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria mengatakan pengepakan surat suara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Sejak beberapa hari lalu, kami melakukan pengepakan surat suara tersebut. Pengepakan surat suara berdasarkan daerah pemilihan," kata Robby.

Robby mengatakan hari ini terakhir pengepakan surat suara untuk daerah pemilihan Tanjungpinang Timur. Distribusi surat suara ke TPS mulai dilaksanakan H-3 pemungutan suara.

"Distribusi surat suara dikawal pihak kepolisian pada masa tenang," katanya.

KPU Tanjungpinang akhir Mei 2018 menerima 147.321 surat suara yang dikirim PT Pura Barutama, perusahaan pemenang lelang logistik pilkada. Selama ini surat suara disimpan di dalam gudang, tepat di sebelah Kantor KPU Tanjungpinang.

Surat suara yang dicetak dan dikirim PT Pura Barutama sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tanjungpinang sebanyak 141.777 orang, ditambah 2,5 persen sebagai cadangan dan 2.000 lembar surat suara untuk pemilihan ulang dengan total 147.321 surat suara. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE