Pengguna jasa ASDP naik 70 persen

id ASDP,Pelabuhan Telaga Punggur Batam,roro punggur batam

Pengguna jasa ASDP naik 70 persen

KMP Jembatan Kapuas saat bersandar di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

Penambahannya itu untuk rute Punggur-Tanjunguban dengan menggunakan KMP Lome, Senangin dan Satria
Batam (Antaranews Kepri) - Pengguna jasa Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, naik 70 persen pada libur lebaran 2018 dibandingkan periode yang sama di 2017.

"Tahun lalu itu hanya sekitar 40 persen tahun ini kenaikannya mencapai 50 sampai 70 persen," kata Supervisi ASDP Telaga Punggur, Herbert Damanik, di Batam, Jumat.

Herbert mengatakan pada libur lebaran tahun ini ASDP Telaga Punggur melakukan penambahan kapal "roll on roll off" (Roro) dan jadwal keberangkatan. Sementara tahun lalu lanjut Herbert tidak ada penambahan.

"Penambahannya itu untuk rute Punggur-Tanjunguban dengan menggunakan KMP Lome, Senangin dan Satria," ujar Herbert. 

Dengan adanya penambahan tersebut, jumlah kapal yang beroperasi pada libur lebaran kemarin menjadi tujuh unit. Sedangkan tahun lalu, kata Herbert, hanya empat kapal yang melayani penyebrangan dari Telaga Punggur ke Tanjunguban. 

"Tahun lalu itu pada H plus tiga sudah normal, tahun ini baru selesai pada H plus enam," kata Herbert.

Penumpang terakhir, kata Herbert, dilayani pada Rabu (21/6) dengan jumlah penumpang sekitar seribu orang lebih. 

Sedangkan untuk kendaraan jenis roda empat yang menggunakan ASDP Telaga Punggur di hari tersebut mencapai 300-an dan sepeda motor hampir seribu unit. 

Terhitung sejak H min 7 hingga H plus 2 lebaran kemarin masyarakat yang menggunakan jasa ASDP Pelabuhan Telaga Punggur mencapai 23.802 orang. 

Penumpang yang paling banyak datang dan berangkat terjadi pada hari kedua lebaran yaitu Sabtu (16/6) dan Minggu (17/6). 

Para penumpang yang datang dihari kedua lebaran berjumlah 4.717 orang. Para penumpang tersebut menggunakan empat kapal Roro yaitu KMP Muria dengan jumlah penumpang 915. 

Kemudian KMP Swarna Begawan dengan jumlah penumpang 1.209 orang, KMP Jembatan Kapuas dengan penumppang 1.535 orang dan KMP Barau yang membawa 1.058 orang. 

Sementara pada Minggu (17/6) kemarin penumpang mencapai  4.636 orang.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE