Kemenag serahkan bantuan Rp2 miliar untuk pendidikan

id Kemenag kepri,Bantuan beasiswa

Kemenag serahkan bantuan Rp2 miliar untuk pendidikan

Ilustrasi pemberian beasiswa. (ANTARA/Seno)

Ia mengatakan, banyak madrasah di Kepri yang membutuhkan bantuan, terutama swasta.
Batam (Antaranews Kepri) - Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, menyerahkan bantuan sekitar Rp2 miliar kepada sejumlah lembaga pendidikan Islam yang tersebar di penjuru wilayah setempat.

Kepala Kemenag Kepri, Marwin Jamal di Batam, Minggu, mengatakan bantuan lebih dari Rp2 miliar, diantaranya untuk taman pendidikan Al Quran, madrasah diniyah awaliyah, pondok pesantren dan madrasah lainnya.

Ia mengatakan, banyak madrasah di Kepri yang membutuhkan bantuan, terutama swasta.

"Ada yang kekurangan lokal, ada yang kurang meubeleir, ada yang kurang alat pembelajaran dan lain-lain. Oleh karena itu bantuan saya minta diberikan secara tepat guna," kata dia.

Dari Rp2 miliar itu, sebanyak Rp220 juta dibagikan untuk TPQ dan MDA, masing-masing Rp20 juta yaitu MDTA At Taqwa Kota Tanjungpinang, TPQ Nurul Iman Tanjungpinang, TPQ An Nikmah Tanjungpinang, TPQ Nurul Hidayah Tanjungpinang, TPQ Hajar Aswad Tanjungpinang, TPQ Ar Rasyid Tanjungpinang, MDTA Al Muttaqin Bintan, TPQ At Taubah Bintan, TPQ Darussalam Bintan, TPQ Al Mauizhoh Bintan, dan TPQ Jannatul Ma`wa Bintan.

Kemudian Rp760 juta dibagikan untuk pondok pesantren yang dibagikan kepada Pondok Pesantren Hidayatullah Bintan, Madani Unggulan Bintan, Mambaus Sholihin Bintan, Darussilmi Bintan, Al Idris Bintan, Khadimul Ummah Bintan, Raodhatul Quran Tanjungpinang, Al Kautsar Tanjungpinang dan Ponpes Ibnu Abbas Tanjungpinang.

Jenis bantuan untuk pondok pesantren terdiri atas rehabilitasi asrama, meubeleir, pembangunan asrama, BOP pendidikan, dan pembangunan ruang belajar.

Bantuan juga diberikan untuk madrasah-madrasah dengan total lebih dari Rp1,8 miliar, antara lain kepada RA Aisyiyah Karimun, RA Alam Asri Bintan, RA Al Ukhuwah Batam, RA Iskandar Muda Batam, RA Yaa Bunayya Tanjungpinang, MI Darul Ihsan Karimun, MI Al Jabar Batam, MTs Tambelan Bintan, MTs Teluk Sasah Bintan, MTs Raudhatul Quran Batam dan MA Al Barakah Lingga.

Kemudian MA Batamiyah Batam, MA Al Marhamah Batam, MI An Najah BintanTimur, MI Darul Ulum Natuna, MTs Al Hidayah Natuna, MTs Nurul Huda Anambas, MA Darul Ihsan Batam, dan MA Iskandar Muda Batam.

Bantuan untuk RA, MA dan MI itu berupa meubeleir, alat peraga, bantuan rehabilitasi ruang kelas dan pembangunan kelas baru.

Kasi Sarana dan Prasarana Madrasah Kanwil Kemenag Kepri, Ali Hasan Hasibuan mengatakan bantuan diberikan kepada madrasah yang sudah diverifikasi secara langsung oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kepri.

"Sebenarnya banyak madrasah yang perlu kita bantu di Kepri ini berdasarkan penilaian kami, tetapi anggaran terbatas. Tahun depan madrasah yang sama bisa mendapatkan bantuan lagi tetapi dengan jenis bantuan yang berbeda karena kita harus berbagi dengan madrasah lainnya," kata Ali Hasan Hasibuan. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE