BP Batam targetkan pertumbuhan ekonomi di atas lima persen

id Pertumbuhan ekonomi,Perekonomian batam,Bp batam

BP Batam targetkan pertumbuhan ekonomi di atas lima persen

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo (ketiga dari kiri) mendengarkan masukan dari salah satu stakeholder guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam di 2018 mencapai lima persen. (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Seperti beberapa faktor penggerak pertumbuhan ekonomi pada triwulan I yang didorong dari sektor industri pengolahan dan pertambangan. Kemudian investasi, konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah dan dorongan sektor pariwisata.
Batam (Antaranews Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam pada 2018 bisa di atas lima persen dan pada 2019 bisa mencapai tujuh persen.

"Masih banyak sektor penggerak ekonomi Batam yang perlu didorong untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 4,5 persen atau di atas lima persen di tahun ini," kata Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, di Batam, Selasa.

Lukita mengatakan hal itu bisa terwujud apabila ada dukungan dari stake holder baik dari pelaku usaha ataupun instansi vertikal lainnya.

Seperti beberapa faktor penggerak pertumbuhan ekonomi pada triwulan I yang didorong dari sektor industri pengolahan dan pertambangan.Kemudian investasi, konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah dan dorongan sektor pariwisata.

"Kita perlu menyiapkan langkah-langkah yang tepat untuk terus mendorong sektor-sektor lainnya yang mempunyai kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Batam," ucapnya.

Berdasarkan hasil kajian BP Batam, penggerak utama perekonomian Kepri adalah non migas. Lukita mengatakan pihaknya perlu mendengar masukan-masukan dari dunia usaha, sehingga hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan bisa segera diselesaikan.

"Banyak sektor lainnya yang bisa dimaksimalkan seperti galangan kapal, properti, kontruksi dan sektor lainnya yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi Batam," kata Lukita.

BP Batam lanjut Lukita akan meminta masukan kepada semua pihak termasuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Mari sama-sama kita perbaiki kinerja masing-masing dengan sisa waktu pertengahan 2018 dan di 2019, target kita ekonomi Batam bisa tumbuh tujuh persen," katanya.

Sementara itu Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepri, Makruf Maulana mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada BP Batam yang mau mendengarkan masukan-masukan dari pelaku usaha.

"Kadin Kepri optimistis pertumbuhan ekonomi Batam pada tahun ini bisa mencapai lima persen dan itu bisa dilihat dari mulai menggeliatnya investasi yang masuk ke Batam," kata Makruf.

Makruf menambahkan pihaknya juga yakin pada 2019, pertumbuhan ekonomi Kota Batam bisa mencapai tujuh persen sebagaimana target yang diberikan pemerintah pusat.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE