Penyelenggara pilkada apresiasi kinerja aparat keamanan

id pilkada tanjungpinang,aparat keamanan,polres tanjungpinang,KPU Tanjungpinang

Warga Tanjungpinang melihat paslon sebelum mencoblos di bilik suara. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

Pilkada sudah terlaksana secara maksimal berkat peran aktif masyarakat dan dukungan penuh dari pihak kepolisian yang dibantu anggota TNI
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengapresiasi kinerja aparat keamanan yang berhasil menciptakan situasi yang aman dan damai dalam penyelenggaraan pesta demokrasi.

Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan, peran pihak kepolisian yang dibantu anggota TNI dalam menyukseskan pilkada sangat besar.

"Pilkada sudah terlaksana secara maksimal berkat peran aktif masyarakat dan dukungan penuh dari pihak kepolisian yang dibantu anggota TNI," katanya.

Hal senada dikatakan Anggota Bawaslu Tanjungpinang, Muhamad Zaini. Ia mengatakan, anggota kepolisian memiliki peran yang besar dalam menciptakan pilkada yang aman dan damai.

Pihak kepolisian bersinergi dengan lembaga penyelenggara pilkada melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menyukseskan pilkada.

"Peran tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus partai dan kalangan akademisi juga besar dalam menyukseskan pilkada. Pihak kepolisian, KPU, kami dan lembaga lainnya begitu besar perhatiannya terhadap pelaksanaan pilkada agar berjalan sukses," ujarnya.

Bahkan Kementerian Agama juga mengambil peran penting untuk menyatukan umat beragama, dan menyukseskan pilkada.

"Banyak kegiatan yang dilakukan pihak kepolisian, TNI dan Kementerian Agama agar Tanjungpinang tetap damai selama pilkada," ucapnya.

Kepala Kementerian Agama Tanjungpinang Erman Zaruddin juga memberi apresiasi kepada penyelenggara pilkada dan pihak kepolisian dalam menyukseskan pilkada. Sosialisasi pilkada juga massif dilakukan penyelenggara pilkada, sementara pihak kepolisian berhasil melakukan operasi deteksi dini terhadap ancaman, hambatan dan gangguan terhadap pilkada.

Kementerian Agama Tanjungpinang sendiri menggalang tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersatu menyukseskan pilkada.

"Sinergisitas yang terbangun antarlembaga, termasuk pers, mendorong pilkada berjalan maksimal," katanya.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan pihak kepolisian memiliki kewajiban untuk menjaga pilkada agar tetap aman. Setiap saat semasa tahapan pilkada berjalan, pihak kepolisian melakukan berbagai kegiatan pengamanan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Persoalan pilkada, terutama yang menyangkut aspek keamanan harus diketahui anggota kepolisian sehingga potensi kerawanan dapat terdeteksi lebih awal, dan segera diawasi.

"Strategi pengamanan pilkada yang kami lakukan tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan masyarakat. Karena itu, kami memberi apresiasi kepada masyarakat yang ikut menyukseskan pilkada," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar