Tiga BUMN selenggarakan Siswa Mengenal Nusantara 2018

id siswa mengenal nusantara,pelindo,tanjungpinang

Suasana rapat pembahasan teknis BUMN hadir untuk negeri di VVIP Pelabuhan Sri Bintan Pura. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

Program ini semacam pertukaran pelajar antarwilayah. Siswa asal Kepri yang lulus seleksi mengikuti program itu akan diberangkatkan ke Nusa Tenggara Barat
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pelindo I Tanjungpinang, Lembaga Kantor Berita Nasional Antara dan PT Pengembangan Daerah Industri Batam menyelenggarakan program Siswa Mengenal Nusantara.

General Manager PT Pelindo I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan saat memimpin rapat teknis BUMN Hadir Untuk Negeri di ruang VIP Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Senin, mengatakan, program Siswa Mengenal Nusantara secara teknis tidak hanya melibatkan tiga BUMN tersebut, melainkan juga Dinas Pendidikan Kepri dan Kodim.

Dinas Pendidikan bertugas menyeleksi dan menetapkan siswa yang layak mengikuti program tersebut. Sedangkan Kodim bertugas membina mental para siswa agar memiliki wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air.

"Peserta asal Nusa Tenggara Barat (NTB) akan diperkenalkan kekayaan budaya Kepri, bagaimana mengembangkan usaha kecil dan menengah, serta wajib mendapatkan orang tua angkat," ujarnya.

Wayan mengatakan jumlah siswa yang ikut ?dalam kegiatan ini sebanyak 24 orang, terdiri dari 21 siswa dalam kondisi normal, dan 3 siswa disabilitas. Siswa tersebut merupakan perwakilan dari tujuh kabupaten dan kota di Kepri.

"Mereka akan didampingi guru-guru berprestasi dan berpengalaman sebanyak 6-7 orang," ucapnya.

Syarat lulus program ini, tambah dia cukup banyak, seperti siswa kelas XI, berprestasi di bidang tertentu, mudah bersosialisasi, menulis esai minimal 500 kata, dan memiliki wawasan yang baik.

Para siswa akan diberangkatkan pada 9 Agustus 2018. Penyelenggara kegiatan berharap pelepasan peserta dilakukan oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

"Program ini semacam pertukaran pelajar antarwilayah. Siswa asal Kepri yang lulus seleksi mengikuti program itu akan diberangkatkan ke Nusa Tenggara Barat," terangnya.

Sebaliknya, lanjut dia siswa asal NTB akan mengikuti program itu di Kepri. Kedua tim akan dipertemukan di Batam pada hari terakhir pelaksanaan program itu.

"Peserta asal Kepri yang kembali dari NTB akan dipertemukan dengan siswa yang akan kembali ke NTB," ujarnya.

Wayan mengemukakan program Siswa Mengenal Nusantara dilaksanakan sejak tahun 2015. PT Pelindo I Tanjungpinang sudah dua kali ?melaksanakan kegiatan itu.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar