DPRD Kepri ingatkan rancangan anggaran pemilu disiapkan

id anggaran pemilu,kepri,ketua DPRD Kepri,Jumaga Nadeak

DPRD Kepri ingatkan rancangan anggaran pemilu disiapkan

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak (Antaranews Kepri.com/Niko)

Analisis potensi permasalahan kepemiluan itu sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Riau mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menyiapkan rancangan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu 2019.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak saat menerima kunjungan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, di Kantor DPRD Kepri, Senin, mengatakan rancangan anggaran harus disiapkan secepatnya agar dapat dibahas tim anggaran pemerintah daerah dan Badan Anggaran.

Saya minta supaya KPU segera menyiapkan anggaran `supporting` (membantu) pemilu nanti untuk dianggarkan nanti. Mohon disiapkan dengan baik,? ucapnya di hadapan Ketua KPU Kepri Sriwati, dan dua komisioner penyelenggara pemilu lainnya, Parlindungan Sihombing, dan Arison.

Selain persoalan anggaran, Jumaga juga mengingatkan KPU Kepri untuk?mulai membuat daftar masalah yang mungkin akan terjadi dalam pemilu serentak mendatang. Analisa terhadap potensi masalah kepemiluan dinilai penting sehingga dapat dilakukan upaya antisipasi.

"Analisis potensi permasalahan kepemiluan itu sangat penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Jumaga mengemukakan, pihaknya akan menggelar rapat kerja bersama penyelenggara tingkat provinsi, kabupaten dan kota hingga kelurahan. Rapat ini dibutuhkan untuk menyatukan persepsi, bersama-sama menciptakan pemilu yang damai dan bermartabat.

Nanti, sekitar Februari 2019, kami akan undang KPU Kepri dan jajarannya. Bila perlu semua PPK, KPPS kami undang untuk menyamakan persepsi,? kata Jumaga.

Menanggapi hal ini, Ketua KPU Kepri Sriwati bersama kesekretariatan akan segera menyiapkan rencana anggaran. Tidak hanya soal anggaran, pihaknya juga meminta kepada DPRD Kepri untuk ikut memikirkan operasional KPU Kepri.

Kalau misalnya ada kendaraan operasional, mungkin kami bisa dibantu, kata Sriwati.

Untuk pemilu mendatang, KPU mengaku telah siap menjalankan tugasnya. Salah satu diantaranya telah membentuk divisi-divisi yaitu divisi hukum dan pengawasan, divisi perencanaan, divisi program dan data, divisi teknis penyelenggaraan dan divisi keuangan dan logistik.

KPU juga, kata Sriwati akan menjadi wasit yang adil dalam pelaksanaan pemilu dengan mengedepankan prinsip adil dan netral. Apalagi, katanya, pemilu mendatang akan memilih lima wakil dan pemimpin secara serentak. Dimulai dari DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE