Enam partai daftar bacaleg ke KPU Karimun

id pendaftaran bacaleg,bakal caleg,calon legislatif,KPU Karimun

Enam partai daftar bacaleg ke KPU Karimun

Ketua DPD PAN Karimun Anwar Abubakar didampingi sekretaris Ulil Amri Syam menyerahkan berkas pencalonan kepada Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Kalau tidak lengkap, maka berkasnya tidak kita terima dan kita minta untuk diperbaiki. Begitu berkasnya kita terima, tim langsung melakukan verifikasi bersama LO yang ditunjuk oleh masing-masing parpol
Karimun (Antaranews Kepri) - Sebanyak enam partai politik mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Senin atau sehari menjelang ditutupnya pendaftaran bacaleg.

"Sampai pukul 16.00 WIB, baru enam partai politik yang menyerahkan berkas pendaftaran calon," kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko di Tanjung Balai Karimun.

Partai politik yang pertama mendaftarkan bacaleg adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) disusul Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sosial (PKS), Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Eko Purwandoko mengatakan berkas pencalonan yang diserahkan enam partai politik dinyatakan lengkap dan persyaratan bakal calonnya langsung diverifikasi oleh tim pendaftaran bakal calon legislatif.

"Kalau tidak lengkap, maka berkasnya tidak kita terima dan kita minta untuk diperbaiki. Begitu berkasnya kita terima, tim langsung melakukan verifikasi bersama LO yang ditunjuk oleh masing-masing parpol," katanya.

Eko menjelaskan, tim akan memverifikasi syarat-syarat bakal calon, mulai dari ijazah, SKCK, surat keterangan kesehatan dan persyaratan lain yang bersifat mengikat individu setiap bakal calon.

Verifikasi syarat calon dilakukan secara maraton hingga malam hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengingat waktu verifikasi yang cukup singkat.

Eko menyayangkan karena partai politik baru mendaftarkan bacalegnya jelang ditutupnya masa pendaftaran. Dia berharap tidak ada permasalahan teknis maupun "human error" yang mengganggu tahapan verifikasi syarat-syarat bakal calon.?

"Waktu cukup singkat, sampai 18 Juli. Setelah itu, sampai 31 Juli, kita masuk pada tahap perbaikan kalau ada persyaratan yang kurang," kata dia.

Eko mengingatkan kepada partai politik bahwa besok merupakan hari terakhir dengan penutupan pendaftaran pada pukul 00.00 WIB.

"Partai lain yang masih tahap konsultasi baru PKB, yang kita belum tahu," ujarnya.

Ketua DPD Partai NasDem Karimun Anwar Hasyim mengatakan berkas pencalonan sudah lengkap dan sudah diterima oleh KPU.

"Jumlah calon yang kita daftarkan sebanyak 30 orang, sesuai jumlah kursi untuk setiap dapil," kata Anwar Hasyim yang juga Wakil Bupati Karimun.

Sekretaris DPD PAN Karimun Ulil Amri Syam juga mengatakan hal yang sama. Berkas bacaleg PAN juga 30 orang dan telah diterima oleh KPU Karimun.

"Alhamdulillah sudah diterima oleh KPU. Jumlah caleg perempuan juga sudah memenuhi kuota 30 persen," kata dia.

Hal serupa juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Karimun Aunur Rafiq yang mengatakan, jumlah caleg untuk seluruh dapil sesuai dengan jumlah kursi.

"Tinggal dilakukan pengecekan dan perbaikan sampai tanggal 30 mendatang. Keterwakilan perempuan 30 persen juga terpenuhi, baik dapil 1, 2, 3 maupun 4," kata Aunur Rafiq yang juga menjabat Bupati Karimun.

Berdasarkan pantauan, Kantor KPU Karimun tampak ramai dengan massa pendukung Partai NasDem yang pertama kali menyerahkan berkas pendaftaran, bahkan Partai Golkar menyerahkan berkas diiringi tabuhan kompang dan Partai Gerindra juga diiringi tabuhan kompang dan atraksi barongsai.

KPU Karimun menyiapkan tiga tim untuk melayani pendaftaran bacaleg masing-masing partai politik. Pendaftaran bacaleg dari masing-masing partai politik juga disaksikan Panitia Pengawas Pemilu setempat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE