Delapan partai di Kepri penuhi kuota perempuan

id parpol kepri,pemilu 2019,politisi wanita

Delapan partai di Kepri penuhi kuota perempuan

Ilustrasi - Politisi perempuan dari Partai Garuda saat mendaftarkan diri ke KPU Batam. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

Bahkan persentase perempuan yang terdaftar sebagai bakal caleg dari sejumlah partai melebihi 30 persen. Ini suatu kemajuan,
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Delapan dari 16 partai politik peserta Pemilu 2019 memenuhi kuota perempuan bakal caleg yang didaftarkan di KPU Provinsi Kepulauan Riau.

"Bahkan persentase perempuan yang terdaftar sebagai bakal caleg dari sejumlah partai melebihi 30 persen. Ini suatu kemajuan," kata Ketua KPU Kepri Sriwati, di Tanjungpinang, Selasa.

Ia mengatakan, delapan partai yang mendaftar hari ini hingga maghrib yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Berkarya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Persyaratan bakal caleg dari delapan partai tersebut dinyatakan lengkap.

"PPP daftar terakhir sebelum magrib. Penutupan pendaftaran tepat pukul 00.00 WIB. Kami berharap pengurus partai memanfaatkan waktu yang tersisa, tinggal beberapa han lagi," katanya lagi.

Sriwati mengemukakan seluruh berkas persyaratan akan diteliti oleh petugas. Partai masih diberi kesempatan untuk melengkapi persyaratan setelah tahapan pendaftaran.

KPU Kepri akan menginformasi bekas persyaratan yang masih kurang kepada peserta pemilu.

Sedangkan terkait bakal caleg yang pindah partai, ia menegaskan bakal caleg harus menyerahkan surat pengunduran diri dari partai sebelumnya. Sementara surat dari partai sebelumnya itu harus diterima KPU Kepri sebelum penetapan daftar calon tetap.

"Tanggal 20 September 2018 batas akhir penyerahan surat tersebut," katanya. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE