Polres Karimun bentuk satgas antiteror amankan Asian Games

id Kapolres Karimun,AKBP Hengky Pramudya,satgas antiteror,asian games

Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Satgas Antiteror diketuai Kasat Reskrim. Tugasnya untuk deteksi dini dan mencegah aksi teror yang dapat mengganggu pelaksanaan Asian Games
Karimun (Antaranews Kepri) - Kepolisian Resor Karimun, Kepulauan Riau membentuk satgas antiteror sebagai dukungan untuk pengamanan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Satgas Antiteror diketuai Kasat Reskrim. Tugasnya untuk deteksi dini dan mencegah aksi teror yang dapat mengganggu pelaksanaan Asian Games," kata Kepala Kepolisian Resor Karimun AKBP Hengky Pramudya di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Hengky Pramudya mengatakan, sesuai instruksi Kapolri, seluruh jajaran Polri di daerah diminta untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan agar pesta olahraga negara-negara Asia aman dari gangguan terutama teror.

Satgas Antiteror akan bekerja secara komprehensif dibantu seluruh satuan dan didukung penguatan fungsi intelijen untuk memantau gerakan faham radikal dan terorisme yang dapat merusak citra Indonesia.

Untuk mencegah teror dan radikalisme, Polres Karimun juga telah menggelar "focus group discussion" atau kelompok diskusi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menyatukan persepsi dan bersinergi dalam mencegah faham radikal dan terorisme.

"Kita juga menggelar penyuluhan tentang bahaya terorisme kepada anak sekolah dan guru," kata dia.

Selain membentuk Satgas Antiteror, lanjut dia, Polres Karimun juga membentuk Satgas "Street Crime" yang bertugas untuk mencegah tindak kejahatan jalanan.

Kemudian, kata dia, meningkatkan kegiatan patroli dengan sistem rayonisasi antarpolsek sehingga langkah pengamanan menjadi lebih optimal

"Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, kita berharap situasi Karimun tetap kondusif. Dan masyarakat kami imbau juga waspada dan ikut memantau lingkungannya," ujarnya.

Hengky Pramudya mengatakan, Polres Karimun juga menggelar serangkaian kegiatan untuk menyosialisasikan Asian Games kepada warga masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain dengan memutar film pendek tentang Asian Games pada acara nonton bareng Piala Dunia, memasang spanduk-spanduk di jalanan, dan membuat visualisasi iklan Asian Games 2018.

"Intinya, kita akan tingkatkan pengamanan sehingga pelaksanaan Asian Games berjalan dengan sukses," ucap AKBP Henky Pramudya.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar