KPU Batam komitmen berupaya genjot partisipasi pemilih

id partisipasi pemilih,KPU Batam,Zaki Setiawan

KPU Batam komitmen berupaya genjot partisipasi pemilih

Komisioner Bidang Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan. (Antaranews Kepri/Pradanna Putra)

Tingkat partisipasi dan legitimasi yang tinggi akan menjadi modal yang bermanfaat bagi kandidat terpilih dalam melaksanakan tugas dan fungsinya
Batam (Antaranews Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Batam Kepulauan Riau berkomitmen menggenjot partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019, hingga mencapai target KPU RI sebesar 77,5 persen.

"Pada pemilu 2019 KPU Batam berupaya untuk bisa mencapai target partisipasi pemilih hingga 77,5 persen," kata Komisioner Bidang Teknis KPU Batam, Zaki Setiawan di Batam, Minggu.

Ia mengakui, partisipasi pemilih menjadi pekerjaan rumah yang nisbi berat bagi KPU, melihat dari sejarah angka keikutsertaan masyarakat Batam nisbi rendah dan cenderung menurun dalam setiap pelaksanaan Pemilu.

Pada Pemilu Legislatif 2014, angka partisipasi pemilih mencapai 62 persen, kemudian pada Pilpres 2014 turun menjadi sekitar 61 persen. Lalu pada Pilkada serentak 2015 menurun lagi hingga sekitar 49 persen.

"Terkait partisipasi pemilih, Batam memiliki pekerjaan rumah yang cukup berat, mengingat partisipasi pemilih pada pemilu di Batam cenderung menurun dalam beberapa kali pemilu terakhir," kata dia.

Padahal, makin tinggi tingkat partisipasi pemilih dalam suatu pemilu, maka akan berdampak positif terhadap legitimasi kandidat atau calon terpilih.

"Tingkat partisipasi dan legitimasi yang tinggi akan menjadi modal yang bermanfaat bagi kandidat terpilih dalam melaksanakan tugas dan fungsinya," tuturnya.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU Batam gencar melakukan sosialisasi di sejumlah tempat, termasuk kepada pemilih pemula.

KPU Batam bahkan mengajak siswa SMA menjadi Duta Pemilih Cerdas untuk Pemilu 2019.

Pemilih cerdas, kata dia, tidak sekadar menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019, namun juga aktif, mengetahui tahapan-tahapan pemilu, mengenal dan menelusuri rekam jejak para bakal calon legislatif, serta bisa memilih secara rasional atau sesuai nurani, sehingga bisa memilih calon-calon berkualitas, tidak karena iming-iming uang maupun barang.

Akhir pekan ini, Sabtu (28/7), KPU Batam bersama Panwaslu dan Kesbangpol setempat melakukan sosialisasi tentang tugas dan fungsi KPU serta tahapan pemilu kepada ratusan pemilih pemula siswa SMAN 20 Batam. Sosialisasi itu diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada pemilih pemula tentang pentingnya menjadi pemilih yang cerdas.

"Pendidikan pemilih ini juga dilakukan untuk membangun pengetahuan pemilih, menumbuhkan kesadaran pemilih, meningkatkan partisipasi pemilih, serta meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan masyarakat tentang Pemilu," ujar Zaki.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE