Bintan prioritaskan perangkat desa terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

id BPJS ketenagakerjaan,bintan,ekang anculai

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan merampungkan rencana kegiatan peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. (Antaranews Kepri/Saud)

Khusus untuk Kades, BPJS Ketenagakerjaan juga bisa menjadi solusi untuk pembayaran dana Purna Bakti setelah tidak menjabat nantinya
Bintan (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kabupaten Bintan memprioritaskan proteksi risiko bekerja kepada seluruh perangkat desa di Bintan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Mulai dari kepala desa, perangkat desa, ketua RT dan RW, pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, Selasa.

Kepada Antara, Ronny mengaku Pemkab Bintan juga sudah melakukan langkah dari sisi regulasi dan kelembagaan. Di antaranya, membuat perbup untuk memproteksi tenaga honor dalam bekerja. 

"Kami juga sudah membuat regulasi untuk menjalankan proteksi tersebut kepada perangkat desa, sampai kepada pekerja proyek desa terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.

Menurut Ronny, pentingnya kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan itu mengingat terjadinya risiko kerja selama bertugas.

"Khusus untuk Kades, BPJS Ketenagakerjaan juga bisa menjadi solusi untuk pembayaran dana Purna Bakti setelah tidak menjabat nantinya," tegas Ronny.

Sambung Ronny, keseriusan Pemkab Bintan memberikan perlindungan keselamatan kerja di pedesaan terlihat dari Desa Ekang Anculai yang akan dinobatkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjan, Rabu (1/8).

Baca juga: Ekang Anculai jadi desa percontohan BPJS Ketenagakerjaan

"Insya Allah semua desa di Bintan punya peluang yang sama. Oleh sebab itu, memang dibutuhkan kesungguh dari kami sebagai pemda, jajaran kecamatan, desa dan perangkat desa untuk mendaftarkan warga yang produktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, supaya bisa diproteksi bila mengalai resiko bekerja oleh BPJS Ketenagakerjaan," paparnya. 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar