JCH Embarkasi Antara Jambi transit di Batam

id jamaah calon haji,embarkasi antara jambi,transit,batam,embarkasi hang nadim

JCH Embarkasi Antara Jambi transit di Batam

Ilustrasi: jamaah calon haji berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Hang Nadim Batam. (Antaranews Kepri)

Mulai besok, kita berangkatkan jamaah Embarkasi Antara Jambi. Di Bandara Hang Nadim hanya transit kurang lebih 3 jam, baru berangkat ke Tanah Suci
Batam (Antaranews Kepri) - Seluruh Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Antara Jambi akan transit sekitar 3 jam di Bandara Hang Nadim Batam, sebelum melanjutkan penerbangan menuju Mekkah.

"Mulai besok, kita berangkatkan jamaah Embarkasi Antara Jambi. Di Bandara Hang Nadim hanya transit kurang lebih 3 jam, baru berangkat ke Tanah Suci," kata Kepala Bidang Dokumen Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Alikek di Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Jambi menjadi Embarkasi Antara Haji selama beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, seluruh JCH Jambi tergabung dalam Embarkasi Hang Nadim Batam.

Alikek menjelaskan, karena Jambi menjadi embarkasi antara, maka seluruh pengurusan dokumen dilakukan di Jambi. Batam hanya menjadi tempat keberangkatan pesawat saja.

"Sama seperti kita, penerimaan jamaah, penyerahan `living cost`, dokumen, semuanya dilaksanakan di Jambi," katanya.

Selama menunggu diberangkatkan ke Tanah Suci, seluruh jamaah ditempatkan di ruang tunggu khusus di Bandara Hang Nadim. Di sana, pihak bandara sudah menyiapkan musolah, toilet dan berbagai fasilitas yang dibutuhkan jamaah.

Alikek mengatakan, pihak maskapai juga menyiapkan makanan ringan di bandara.

Sementara itu, meski hanya menjadi tempat transit, namun PPIH Hang Nadim Batam tetap menyiapkan segala kebutuhan jamaah saat singgah, antara lain ambulans yang selalu siaga lengkap dengan tenaga medis dan panitia untuk mengurus dokumen.

Berdasarkan jadwal, seluruh kloter yang membawa JCH Jambi akan terbang menuju Tanah Suci sekitar pukul 8.00 WIB. Jamaah Jambi berangkat dari daerahnya menumpang pesawat sekitar pukul 4.00 WIB.

"Jadi mereka melakukan pelepasan jamaah di sana, pada malam hari sebelumnya," kata Alikek.

Pada musim haji 2018, Embarkasi Hang Nadim Batam melayani 11.894 JCH, yang terdiri dari Provinsi Kepri sebanyak 1.268 orang, Provinsi Riau 5.050 orang, Provinsi Kalimantan Barat 2.526 orang dan Provinsi Jambi 2.915 orang.

Jadwal pemberangkatan JCH Embarkasi Batam terbagi ke dalam 2 gelombang, yaitu Batam-Madinah untuk Kloter 1-10 dan Batam-Jedah untuk kloter 11-27.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE