Karimun siapkan jutaan hadiah gerak jalan kemerdekaan

id Gerak jalan,Bupati karimun,Aunur Rafiq

Karimun siapkan jutaan hadiah gerak jalan kemerdekaan

Bupati Karimun Aunur Rafiq melepas peserta gerak jalan HUT RI ke-73. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Total hadiah kita sediakan Rp272 juta baik untuk lomba gerak jalan tingkat SD, SMP, SMA dan umum, dipotong pajak
Karimun (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kabupaten, Kepulauan Riau menyiapkan hadiah uang tunai sebesar Rp272 juta untuk peserta yang menjadi pemenang lomba gerak jalan memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

"Total hadiah kita sediakan Rp272 juta baik untuk lomba gerak jalan tingkat SD, SMP, SMA dan umum, dipotong pajak," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Karimun Sukari dalam pelepasan lomba gerak jalan 10 dan 17 kilometer tingkat SMA dan umum di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Sukari menjelaskan, lomba gerak jalan memperingati HUT RI ke-73 dibagi dalam empat kategori putra dan putri, yaitu gerak jalan 8, 10, 17 dan gerak jalan 45 kilometer khusus untuk umum.

Masing-masing kategori, akan diambil 11 peserta terbaik dan ditambah empat regu terbaik untuk kategori pakaian unik.

Lomba gerak jalan digelar tiga hari, yaitu hari ini, Minggu (12/8) besok dan 18 Agustus 2018 khusus untuk kategori 45 kilometer.

Sampai saat ini, jelas dia, jumlah regu yang telah mendaftar sebanyak 432 regu untuk semua tingkatan dan kategori, rinciannya 118 regu tingkat SD, 98 regu tingkat SMP, 90 regu tingkat SMA, 74 regu tingkat umum.

"Khusus untuk kategori 45 kilometer untuk umum, jumlah perserta yang telah mendaftar sebanyak 52 regu, dan pendaftaran masih kita buka sampai 17 Agustus," tuturnya.

Lomba gerak jalan, menurut dia, tidak hanya sekadar untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia, tetapi diharapkan dapat mendorong penguatan wawasan kebangsaan.

"Serta meningkatkan kreativitas peserta, khususnya generasi muda dalam mewujudkan transformasi nilai nasionalisme," kata dia.

Sukari juga mengatakan, kegiatan lomba gerak jalan diharapkan dapat mendorong masyarakat agar gemar berolahraga, membangun kedisiplinan diri.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq saat melepas peserta gerak jalan mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti dengan baik sebagai tanda syukur dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjasa merebut kemerdekaan.

"Selamat berlomba, jaga sportivitas dan jangan buang sampah sembarangan, walaupun kita punya petugas kebersihan," kata dia.

Bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah akan mempertimbangkan pelaksanaan lomba gerak jalan tidak hanya terfokus di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, tetap akan dibagi-bagi di kecamatan lain.

"Agar semarak kemerdekaan juga terasa di kecamatan, dan ekonomi rakyat juga tumbuh," katanya.

Ribuan warga antusias menyaksikan lomba gerak jalan yang juga dihadiri Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, FKPD dan para pejabat lainnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE