Tiga kabupaten/kota Kepri tunda pemberian vaksin MR

id vaksin MR,campak,rubella,dinas kesehatan kepri,tjetjep yudiana

Tiga kabupaten/kota Kepri tunda pemberian vaksin MR

Gubernur Nurdin saat membuka pencanangan kampanye vaksin MR di Batam (Antaranews Kepri/YJ Naim)

Ada tiga kabupaten/kota yang menunda pelaksanaan, yaitu Karimun, Anambas dan Natuna
Batam (Antaranews Kepi) - Sebanyak tiga kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau menunda pemberian vaksin Meales Rubella, meski pemerintah pusat telah menegaskan tidak ada penundaan imunisasi massal.

"Ada tiga kabupaten/kota yang menunda pelaksanaan, yaitu Karimun, Anambas dan Natuna," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana yang ditemui dalam evaluasi pelaksanaan Embarkasi Haji Batam, di Batam, Rabu.

Kepala Dinas enggan menanggapi alasan pemerintah kabupaten/kota yang memutuskan menunda pemberian vaksin MR.

Baca juga: Lipsus - Vaksin MR, belum halal bukan berarti haram

"Kami tidak diajak membahas, hanya mendapat laporan," kata dia.

Ia mengatakan, untuk mendorong pelaksanaan pemberian vaksin MR di seluruh Kepri, terutama di tiga kabupaten kota yang menolak, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengeluarkan surat edaran, agar imunisasi massal tetap dijalankan.

Surat Edaran yang diterbitkan Gubernur merujuk surat edaran yang sama dari Kementerian Dalam Negeri.

"Beberapa hai yang lalu, kami mendapay SE dari Mendafri dan ditindaklanjuti oleh gubernur agar kabupaten/kota yang menunda segera mulai melaksanakannya. Surat Edaran Gubernur terbit hari ini, langsung dikirimkan," kata Kepala Dinas.

Baca juga: Lipsus - Imunisasi MR berlanjut dan menanti sertifikasi halal

Meski begitu, ia menegaskan pemerintah tidak memaksakan warga yang masih mau menunggu hasil uji kehalalan dan vaksin itu mendapatkan sertifikat halal.

Namun, sekolah tidak boleh menolak memfasilitasi pemberian vaksin, karena banyak muslim yang memilih anaknya diberi vaksin agar kebal dari virus yang berbahaya bagi kesehatan itu.

"Ini masalah kemanusiaan yang dilindungi Hak Asasi Manusia," kata dia.

Sementara itu, pelaksanaan pemberian vaksin MR di empat kabupaten kota lainnya di Kepri berjalan relatif lancar, yaitu Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Lingga.

Menurut dia, dari 4 kabupaten/kota yang menjalankan pemberian vaksin MR, pelaksanaan paling baik di Kota Tanjungpinang, yang mencapai 35 persen.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE