Ribuan warga Pulau Belakangpadang rayakan HUT RI

id HUT RI,Belakangpadang,Batam

Tujuan peringatan HUT RI ini untuk mengingatkan kembali perjuangan meraih kemerdekaan di tahun 1945, dan supaya kita mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif
Batam (Antaranews Kepri) - Ribuan warga Pulau Belakangpadang dan pulau-pulau penyangga di sekitarnya, Kota Batam, Kepulauan Riau memadati Lapangan Langlang Laut hingga pelabuhan untuk merayakan puncak peringatan HUT Ke-73 RI, Jumat.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Jumat, mengatakan perayaan HUT RI di Pulau Belakangpadang merupakan yang pertama dari perayaan tingkat kecamatan di daerah itu.

"Tujuan peringatan HUT RI ini untuk mengingatkan kembali perjuangan meraih kemerdekaan di tahun 1945, dan supaya kita mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif," kata dia.

Peringatan di Pulau Belakangpadang yang lokasinya berdekatan dengan Singapura itu, katanya, menandakan meski berada di garda terdepan NKRI, warga tetap memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Camat Belakangpadang Asraf Ali mengatakan perayaan HUT RI di pulau yang menjadi asal muasal Kota Batam itu, untuk meningkatkan masyarakat atas semangat nasionalsime, patriotisme, dan dan rasa cinta tanah air.

Berbagai perlombaan yang digelar juga demi memupuk jiwa sportifitas, toleransi, serta meningkatkan hidup di Belakangpadang agar makin baik dan maju.

"Meningkatkan persatuan dan kesatuan, menyerukan kami ini anak Indonesia," kata dia.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan, di antaranya malam kesenian dan karnaval yang sudah digelar Kamis (16/8) serta gerak jalan, lomba sampan layar, dan berbagai permainan rakyat lainnya pada Jumat ini.

Ketua panitia lomba, Suarno, mengatakan lomba sampan layar tidak hanya diikuti masyarakat pesisir, melainkan juga peserta dari Malaysia dan Singapura.

"Untuk lomba sampan ada empat kategori, yaitu kolek sembilan diikuti tujuh tim, kolek tujuh diikuti 10 tim, kolek lima diikuti lima tim, dan kolek tiga sebanyak empat tim, ada juga dari Malaysia dan Singapura," kata dia.

Warga Pulau Pecung, Amin, mengatakan datang ke Pulau Belakangpadang untuk menyaksikan berbagai kegiatan memperingati HUT RI.

"Kami sengaja membawa anak-anak biar ada rasa cinta tanah air. Meskipun kami jauh dari ibu kota, tapi kami juga anak Indonesia," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE