Bupati Karimun lepas kontingen Pelayaran Lingkar Nusantara

id bupati karimun,aunur rafiq,pelayaran lingkar nusantara,pelantara,kontingen

Bupati Karimun Aunur Rafiq menari poco-poco bersama anggota pramuka. (Foto: Humas Pemkab Karimun)

Pelayaran Lingkar Nusantara merupakan program TNI AL yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap bahari atau laut
Karimun (Antaranews Kepri) - Bupati Karimun Aunur Rafiq melepas satu regu dengan 12 anggota Pramuka Saka Bahari sebagai kontingen Pelayaran Lingkar Nusantara VIII mulai 23 Agustus hingga 23 September 2018.

Pelepasan kontingen Pelayaran Lingkar Nusantara atau Pelantara VIII dalam rangkaian peringatan HUT Ke-57 Pramuka di pelataran panggung Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun, Senin.

"Selamat berlayar kepada adik-adik yang terpilih mengikuti kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara. Bawa dan harumkan nama daerah selama berlayar," kata Aunur Rafiq yang juga Ketua Majelis Pembina Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karimun.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Karimun Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro mengatakan 12 anggota Pramuka Saka Bahari tersebut akan berlayar dan singgah di pulau-pulau terluar dan daerah perbatasan melalui kegiatan Pelantara VIII.

Pelantara VIII, kata dia, akan melintasi rute yang dimulai dari Surabaya, Jawa Timur berlayar menuju Indonesia bagian timur, dan kembali Surabaya. ??

"Pelayaran Lingkar Nusantara merupakan program TNI AL yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap bahari atau laut," kata dia.

Anggota Pramuka Saka Bahari yang merupakan binaan Lanal Karimun tersebut, kata dia, akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kebaharian yang bermanfaat bagi diri, keluarga, lingkungan, dan masyarakat.

"Serta bisa menjadi bekal dalam pengembangan lapangan kerja," ujarnya.

Jangan berpolitik

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengajak segenap anggota Pramuka di daerah setempat agar jangan berpolitik di tengah hiruk-pikuk perpolitikan nasional.

"Saya berpesan hendaknya gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam kegiatan politik praktis," kata dia saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.?

Pada tahun politik ini, kata dia, suasana politik menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden agak panas, sehingga dia berharap kepada anggota Pramuka di seluruh jenjang, memberikan kesejukan kepada masyarakat meski sebagai warga negara masing-masing memiliki hak politik.

Dia juga meminta kepada masyarakat dan orang tua agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengikuti kegiatan pramuka di gugus depan masing-masing.

"Pramuka mendidik generasi muda agar berkarakter, andal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara dan terampil," kata dia.

Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan selamat kepada anggota pramuka yang berprestasi, baik dalam mengikuti perlombaan tingkat kabupaten hingga nasional, melalui kegiatan Pramuka Cerita di Jakarta.

Upacara HUT Ke-57 Pramuka di Coastal Area, Tanjung Balai Karimun juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti senam massal tari poco-poco.

Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Wakil Bupati Anwar Hasyim, Sekda M. Firmansyah turut menari poco-poco bersama anggota pramuka yang mengikuti upacara tersebut.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar