Dubes: NDP jadi kawasan ekonomi baru Indonesia

id Duta Besa Indonesia,Singapura,Ngurah Swajaya,Nongsa Digital Park,Batam

Dubes: NDP jadi kawasan ekonomi baru Indonesia

Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya (kiri) bersalaman dengan Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo pada acara resepsi diplomatik perayaan hari kemerdekaan RI ke-73 di Kedubes RI untuk Singapura.(Foto: Humas BP Batam).

Saya optimis perayaan diplomat resepsi dengan semangat yang kita miliki, minat pengusaha Singapura di Batam akan semakin tinggi
Batam (Antaranews Kepri) - Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya mengharapkan Nongsa Digital Park (NDP) yang berada di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menjadi kawasan ekonomi baru bagi Indonesia.

"Melalui dukungan dari berbagai pihak terutama hubungan kerjasama yang baik antara Singapura dan Indonesia, saya berharap kawasan tersebut menjadi kawasan ekonomi baru dengan investasi lebih dari 100 perusahaan," kata Ngurah Swajaya saat mengikuti rangkaian malam resepsi diplomatik perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-73 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura, Senin (20/8).

Dari rilis yang diterima Antara, pada acara tersebut Ngurah Swajaya menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal ke dua yang mencapai 5.27 persen.

Hal itu, kata Ngurah Swajaya, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN di atas lima persen. 

Menurut Ngurah Swajaya, hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kepastian politik dan hukum, kemudahan berusaha, dan dukungan infrastruktur. 

“Pertumbuhan Indonesia kuartal dua tahun 2018 mencapai 5.27 persen melebihi ekspektasi yakni 5.1 persen dengan pertumbuhan investasi domestik meningkat 17.2 persen, ini menunjukkan Indonesia memiliki daya tarik sebagai tujuan investasi bagi investor asing,” ujar Ngurah Swajaya.

Ngurah Swajaya mengatakan upaya Indonesia dalam mewujudkan peluang investasi di sektor industri kreatif. 

Saat ini kata Ngurah Swajaya, pihaknya sedang memanfaatkan peluang pasar dan implementasi sektor industri ekonomi digital dan salah satu contoh konkret yakni berada di kawasan Nongsa Digital Park Batam.

Sementara itu Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo yakin minat investor Singapura dalam menanamkan investasi dan perluasan usaha khususnya ekonomi kreatif di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau akan semakin meningkat. 

"Saya optimis perayaan diplomat resepsi dengan semangat yang kita miliki, minat pengusaha Singapura di Batam akan semakin tinggi,” kata Lukita.

BP Batam, kata Lukita, mengapresiasi perayaan resepsi diplomatik tersebut. 

Menurut Lukita, dengan hadirnya lebih dari 500 undangan dari berbagai diplomat negara sahabat, pemerintahan, pengusaha, akademisi dan mitra Indonesia adalah peluang untuk terus mempromosikan kemudahan dan potensi Indonesia. 

Selain itu lanjut Lukita, dengan semangat kemerdekaan BP Batam terus mewujudkan visi misi dalam membangun Kota Batam dan optimistis pertumbuhan serta minat investor di Batam akan semakin baik.

“Kita perlu menyambut baik momen perayaan kemerdakaan ini, nanti akhir bulan agustus saya akan datang ke sini lagi untuk menghadiri acara investment day," kata Lukita.

Lukita menambahkan pada acara investment day, pihaknya akan mempromosikan apa apa saja perubahan serta rencana strategis BP Batam dalam menyambut investor.

Saat ini kata Lukita, konsep dan rencana pengembangan Batam sudah "on the track" dan menunjukkan tren positif.

“Pak Dubes tadi dalam arahan dan sambutannya meyakini Batam akan terus berkembang, salah satunya di kawasan nongsa digital park yang diresmikan bersama Ibu Menlu dan perdana menteri Singapura maret lalu," kata Lukita.

Bahkan, lanjut Lukita, minat investor khususnya dari Singapura untuk menjadikan kawasan nongsa sebagai kawasan ekonomi digital dan pusat ekonomi kreatif sangat tinggi.

"Saya diminta untuk mempromosikan nongsa digital park dalam event gathering bersama calon investor," papar Lukita.

Nongsa digital park lanjut Lukita memiliki nilai tambah karena lokasinya sangat mendujung dan berdekatan dengan tempat wisata.

Minister in the prime Minister’s Office Singapore, NG Chee Meng, menyampaikan komitmen pemerintah Singapura untuk memperkuat kerja sama bilateral Indonesia dengan Singapura. 

Serta mendorong penjajakan peluang dan potensi kemitraan dengan berbagai provinsi seperti saat ini di Semarang, Kepulauan Riau dan Jakarta. 

Dia berharap Indonesia dan Singapira dapat terus memelihara dan membina hubungan yang baik untuk pertumbuhan dan kemajuan kedua negara.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE